Problematika Pelayanan Keluarga Dalam Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus di Gampong Lam Ilie Teungoh Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar

Shanti Anjani Putri, 190405005 (2023) Problematika Pelayanan Keluarga Dalam Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus di Gampong Lam Ilie Teungoh Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Undang-Undang, Keluarga, Anak Berkebutuhan Khusus.] Text (Undang-Undang, Keluarga, Anak Berkebutuhan Khusus.)
Shanti Anjani Putri, 190405005, FDK, KS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2011 tentang Kebijakan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus dan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2017 tentang Perlindungan Khusus Bagi Anak Penyandang Disabilitas memerintahkan supaya Anak Berkebutuhan Khusus dapat di didik dengan betul oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintahan. Sehingga mereka mendapatkan semua haknya. Di Gampong Lam Ilie Teugoh Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar terdapat sejumlah ABK yang harus di didik dan diberikan haknya sesuai dengan UU. Karena terdapat sejumlah ABK di gampong ini maka peneliti berusaha untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana orang tua dan masyarakat memperlakukan ABK sesuai dengan UU No. 10 tahun 2011 dan UU No. 4 tahun 2017. Menurut amatan sementara, orang tua dan masyarakat di Gampong Lam Ilie teungoh belum mengetahui apa saja hak ABK yang menjadi kewajiban orang tua, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemerintah, oleh karena itu maka peneliti berkepentingan untuk mengetahui dan mengungkapkan hal ini. Penelitian ini dilakukan dengan cara mendatangi sejumlah ABK, mengobservasi, serta mewawancarai keluarganya, sebagai penguat wawancara juga dilakukan terhadap sejumlah informan, yaitu dengan kerabat keluarga ABK. Dari penelitian ditemukan bahwa orang tua dari ABK telah melakukan atau memberikan hak-haknya ABK sesuai dengan UU Anak Berkebutuhan Khusus dan Anak Penyandang Disabilitas, namun masih perlu penyempurnaan yaitu perlu campur tangan pemerintah dalam hal ini Dinas Sosial dan instansi terkait yang membantu penanganan ABK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Shanti Anjani putri
Date Deposited: 19 Feb 2024 02:38
Last Modified: 19 Feb 2024 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35504

Actions (login required)

View Item
View Item