Analisis Implementasi Keterbukaan Informasi Publik Pada Website Uin Ar-Raniry Banda Aceh

Rahmat Zahlul, 150802025 (2024) Analisis Implementasi Keterbukaan Informasi Publik Pada Website Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Implementasi Keterbukaan Informasi Publik Pada Website Uin Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Analisis Implementasi Keterbukaan Informasi Publik Pada Website Uin Ar-Raniry Banda Aceh)
Rahmat Zahlul, 150802025, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Keterbukaan Informasi melalui website resmi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Pelaksanaan keterbukaan informasi di Indonesia telah diatur dalam Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik sebagai upaya dalam penyelenggaraan negara yang terbuka dan bertanggungjawab terhadap informasi publik, serta untuk menjamin hak-hak setiap orang dalam memperoleh informasi terkait pengelolaan dana, program-program kegiatan Badan Publik, rencana program kerja, hingga profil Pejabat Publik dari setiap lembaga ataupun Badan Publik.. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi Keterbukaan Informasi Publik pada Website UIN Ar-Raniry dan apa saja faktor-faktor penghambat dalam implementasi Keterbukaan Informasi Publik pada Website UIN Ar-Raniry. Adapun metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik melalui website Resmi UIN Ar-Raniry belum berjalan optimal dan sesuai dengan perintah undang-undang atau regulasi serta standar penyampaian informasi publik. Hal ini disebabkan ada informasi-informasi yang seharusnya disampaikan sebagaimana perintah undang-undang belum tersedia pada Website UIN Ar-Raniry, begitu juga dengan tidak tersedianya Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait Pelayanan Informasi di UIN Ar-Raniry. Faktor penghambat dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik di UIN Ar-Raniry didasari pada lemahnya pemahaman pejabat terkait dalam pelaksanaan pelayanan informasi, serta faktor sumber daya dana dalam pengembangan pelayanan informasi yang belum memadai. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan Implementasi Keterbukaan Informasi pada website UIN Ar-Raniry belum berlaku optimal karena adanya beberapa faktor penghambat

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Keterbukaan Informasi Publik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Rahmat Zahlul Rahmat
Date Deposited: 19 Feb 2024 02:38
Last Modified: 19 Feb 2024 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35507

Actions (login required)

View Item
View Item