Penggunaan Kamus At-Ta’bir Al-Khas Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menerjemahkan Teks Arab

Fadil Muhammad, 190202040 (2024) Penggunaan Kamus At-Ta’bir Al-Khas Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menerjemahkan Teks Arab. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Kamus At-Ta’bir Al-Khas Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menerjemahkan Teks Arab] Text (Penggunaan Kamus At-Ta’bir Al-Khas Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menerjemahkan Teks Arab)
Fadil Muhammad, 190202040, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal pada kelas XI IPA2 tingkat ‘Aliyah di Dayah Terpadu Inshafuddin Banda Aceh, peneliti menemukan bahwa kebanyakan siswa sulit menerjemahkan teks arab, disebabkan ada perbedaan antara undang-undang bahasa terjemah (bahasa arab) dan bahasa tujuan (bahasa tujuan). Oleh karena itu, peneliti mencoba mengatasi masalah tersebut melalui penggunaan Kamus At-Ta’bir Al-Kha untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menerjemahkan teks arab. Tujuan peneletian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran tarjamah terhadap penggunaan Kamus At-Ta’bir Al-Khas , dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Kamus At-Ta’bir Al-Khas untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam maharah tarjamah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis one group pre-test post-test design. Adapun alat dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kamus At-Ta’bir Al-Khas dalam meningkat Kemampuan menerjemahkan sangat baik. Terbukti dari hasil pengamatan langsung (observasi) terhadap kegiatan guru sebesar 85% dan kegiatan siswa sebesar 87,25%. keduanya berkisar antara 80– 100% dengan kategori sangat baik. Kemuian penggunaan Kamus At-Ta’bir Al-Khas sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam tarjamah, dengan hasil pre-test dan post-test adalah dengan tingkat signifikansi (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fadil Muhammad
Date Deposited: 19 Feb 2024 02:50
Last Modified: 19 Feb 2024 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35509

Actions (login required)

View Item
View Item