Pengelolaan Kurikulum Dalam Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Di SMA Darussaadah Langien Bandar Baru Pidie Jaya

Zamzami Zilfi, 180206093 (2024) Pengelolaan Kurikulum Dalam Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Di SMA Darussaadah Langien Bandar Baru Pidie Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengelolaan Kurikulum Dalam Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Di SMA Darussaadah Langien Bandar Baru Pidie Jaya] Text (Pengelolaan Kurikulum Dalam Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Di SMA Darussaadah Langien Bandar Baru Pidie Jaya)
Zamzami Zilfi, 180206093, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil studi tentang pengelolaan kurikulum dalam peningkatan efektivitas pembelajaran di sekolah. Kualitas sekolah SMA Darussaadah Langien Bandar Baru Pidie Jaya ini memiliki daya tarik tersendiri, banyak masyarakat yang berminat untuk masuk sekolah tersebut yang memiliki output rata-rata berkualitas. Pengelolaan kurikulum sangatlah penting dalam suatu lembaga pendidikan, karena tanpa pengelolaan kurikulum maka efektivitas pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui 1). perencanaan kurikulum di SMA Darussaadah Langien Bandar baru Pidie jaya, 2). pelaksanaan kurikulum dalam merancang kurikulum di SMA Darussaadah Langien Bandar baru Pidie jaya, 3). evaluasi kurikulum dalam peningkatan efektivitas pembelajaran di SMA Darussaadah Langien Bandar baru Pidie jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan dan menggunakan tehnik pengumpulan data berupa wawancara secara mendalam, observasi dilapangan dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum dimulai dari pembuatan kalender akademik, penyusunan prota dan juga prosem pembelajaran dengan kualitas belajar yang lebih baik dari yang sebelumnya. Pelaksanaan kurikulum dilaksanakan dengan menegakkan 5 pilar pembelajaran yaitu belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Esa, belajar untuk memahami dan menghayati, belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektiv, belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Evaluasi kurikulum yang dilakukan oleh pihak sekolah sesuai dengan tahapan yaitu merancang, melakukan persiapan, dan mengumpulkan informasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zamzami Zilfi Zamzami
Date Deposited: 20 Feb 2024 02:15
Last Modified: 20 Feb 2024 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35513

Actions (login required)

View Item
View Item