Strategi Pemerintah Gampong Dalam Pengelolaan Wisata Di Gampong Lubuk Sukon, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar

Muhammad Farhan, 190802083 (2023) Strategi Pemerintah Gampong Dalam Pengelolaan Wisata Di Gampong Lubuk Sukon, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi, Pengelolaan, Desa Wisata, Gampong Lubuk Sukon] Text (Strategi, Pengelolaan, Desa Wisata, Gampong Lubuk Sukon)
Muhammad Farhan, 190802083, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Gampong Lubuk Sukon Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar sebagai salah satu gampong yang memiliki destinasi wisata yang dapat memeberikan manfaat bagi masyarakat setempat dan pemerintah gampong dalam hal PAD. Gampong Lubuk Sukon memiliki daya tarik wisata seperti Rumoh Aceh, kuliner dan permainan tradisional serta kearifan lainya dari masyarakat yang khas. Penelitian ini bertuajuan untuk mengatahui strategi pemerintah gampong dalam pengelolaan wisata dan kontribusi objek wisata terhadap pendapatan asli Gampong Lubuk Sukon. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan analisa dokumen dengan memanfaatkan informan penelitian. Hasil dari penelitian menujukan bahwa, dalam strategi pemerintah gampong dalam pengelolaan wisata dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku baik tingkat gampong maupun Kabupaten Aceh Besar, dan juga kontribusi objek wisata memeberikan dampak bagi pemasukan gampong, namun dalam proses kegiatan masih terdapat hambatan dengan kurangnya sumber daya manusia dan kontribusi aparatur gampong dengan potensi yang dimiliki oleh Gampong Lubuk Sukon.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Muhammad Farhan Farhan
Date Deposited: 21 Feb 2024 02:41
Last Modified: 21 Feb 2024 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35544

Actions (login required)

View Item
View Item