Studi Perbandingan Penguasaan Materi Biologi pada Siswa Kelas VII MTsN Model Banda Aceh yang Mengikuti Belajar Tambahan di Sekolah dan di Luar Sekolah

Wardani, 280919424 (2016) Studi Perbandingan Penguasaan Materi Biologi pada Siswa Kelas VII MTsN Model Banda Aceh yang Mengikuti Belajar Tambahan di Sekolah dan di Luar Sekolah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Perbedaan Penguasaan Materi Biologi]
Preview
Text (Membahas tentang Perbedaan Penguasaan Materi Biologi)
Wardani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mengikuti belajar tambahan baik di sekolah maupun di luar sekolah merupakan salah satu solusi dalam menangani permasalahan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan minat belajar biologi siswa MTsN Model Banda Aceh kelas VIII yang mengikuti belajar tambahan di sekolah dan di luar sekolah; 2) mengetahui perbedaan penguasaan materi biologi siswa MTsN Model Banda Aceh kelas VIII yang mengikuti belajar tambahan di sekolah dan di luar sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode komparatif berhipotesis. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Model Banda Aceh yang berjumlah 394 siswa yang terdiri dari 11 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas VIII-10 sebagai kelas yang mengikuti belajar tambahan di sekolah; sampel ini diambil dengan cara purposive sampling, dan kelas VIII-11 sebagai kelas yang mengikuti program belajar tambahan di luar sekolah; sampel ini diambil dengan cara random sampling. Teknik penelitian yang digunakan adalah tes dan non tes dengan instrumen soal tes dan angket. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) minat belajar biologi siswa yang mengikuti belajar tambahan di sekolah lebih tinggi dari pada siswa yang mengikuti belajar tambahan di luar sekolah, 2) penguasaan materi biologi siswa yang mengikuti belajar tambahan di sekolah memiliki tingkat penguasaan materi yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang mengikuti belajar tambahan di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Nursalmi Mahdi, M.Ed, St 2. Samsul Kamal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Studi perbandingan, penguasaan materi biologi, belajar tambahan
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 3394 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2018 04:46
Last Modified: 18 Apr 2018 04:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3555

Actions (login required)

View Item
View Item