Penerapan Disiplin Aparatur Sipil Negara Pada Bagian Umum Sekretariat Kabupaten Aceh Jaya

Hasan Syahril, 190802058 (2023) Penerapan Disiplin Aparatur Sipil Negara Pada Bagian Umum Sekretariat Kabupaten Aceh Jaya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Disiplin, Aparatur Sipil Negara, Implementasi  Kebijakan] Text (Penerapan Disiplin, Aparatur Sipil Negara, Implementasi Kebijakan)
Hasan Syahril, 190802058, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kedisiplinan aparatur sipil negara sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan surat edaran yang dikeluarkan oleh Bupati Aceh Jaya Nomor 37, BD.2020/NO.37 Tentang Kode Etik Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya. Pada bagian umum Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Jaya penerapan disiplin aparatur sipil negara masih belum optimal dikarenakan beberapa faktor yaitu masih adanya pelanggaran yang dilakukan oleh pegawai negeri sipil seperti jarang mengikuti apel, datang terlambat, berada diluar kantor saat jam kantor, dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan kedisiplinan aparatur sipil negar pada bagian umum Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Jaya, dan bagaimanakah keberhasilan penerapan kedisiplinan aparatur sipil negara pada bagian umum Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kedisiplinan aparatur sipil negara pada bagian umum Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Jaya belum sepenuhnya berhasil, disebabkan masih ada pegawai yang melakukan pelanggaran yaitu kurang tegasnya sanksi yang diberikan terhadap pelanggar di Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Jaya. Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran dari setiap individu untuk patuh dan taat terhadap aturan, diperlukan adanya sanksi secara tegas bilamana seorang Aparatur Sipil Negara terbukti melakukan pelanggaran dengan tujuan untuk memberikan efek jera dan tidak mengulangi hal yang sama kedepannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Hasan Syahril Hasan
Date Deposited: 21 Feb 2024 02:46
Last Modified: 21 Feb 2024 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35550

Actions (login required)

View Item
View Item