Perlindungan Konsumen Terhadap Jual Beli Online Produk Kosmetik dalam Kemasan Share In Jar di Shopee Menurut Konsep Tadlis

Muhammad Reza Ramadhan, 170102176 (2023) Perlindungan Konsumen Terhadap Jual Beli Online Produk Kosmetik dalam Kemasan Share In Jar di Shopee Menurut Konsep Tadlis. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Produk Kosmetik, Share In Jar, Tadlis] Text (Produk Kosmetik, Share In Jar, Tadlis)
Muhammad Reza Ramadhan, 170102176, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Tadlis merupakan sesuatu yang mengandung unsur penipuan yaitu menyembunyikan objek akad dari keadaan yang sebenarnya sehingga merugikan salah satu pihak. Dalam praktik penjualan produk kosmetik dalam kemasan share in jar di Shopee, konsumen tidak mengetahui secara langsung bagaimana cara penjual memindahkan isi produk tersebut ke wadah lain yang bukan merupakan sample asli dari produk tesebut. Konsumen juga tidak mengetahui produk yang diisi ke dalam kemasan share in jar asli atau palsu sehingga dikhawatirkan terdapat unsur tadlis di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat unsur tadlis dalam praktik penjualan produk kosmetik kemasan share in jar di Shopee dan untuk mengetahui perlindungan konsumen pada praktik penjualan kosmetik share in jar di Shopee yang mengandung unsur tadlis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam praktik penjualan produk kosmetik dalam kemasan share in jar di Shopee mengadung unsur tadlis karena barangnya tidak jelas yaitu tidak terdapat keterangann pada wadahnya hanya polosan saja walaupun produk tersebut diambil dari produk asli yang jelas keterangannya. Perlindungan konsumen terhadap produk kemasan share in jar pihak Shopee mmberikan layanan pengaduan untuk keseluruhan komplen yaitu menghubungi call center (021) 39500300, live chat pada pusat bantuan di aplikasi Shopee, dan chat via WhatsApp: (+62) 85311111010 kepada Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Ri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Reza Ramadhan Reza
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:10
Last Modified: 21 Feb 2024 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35554

Actions (login required)

View Item
View Item