Pengembangan Game Edukatif Menggunakan Stencyl Untuk Meningkatkan Minat Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika (Aritmatika Sosial) Dengan Model Project Based Learning Di SMP Negeri 6 Kuala

Ria Afriliya R., 190212014 (2024) Pengembangan Game Edukatif Menggunakan Stencyl Untuk Meningkatkan Minat Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika (Aritmatika Sosial) Dengan Model Project Based Learning Di SMP Negeri 6 Kuala. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Game Edukatif Menggunakan Stencyl Untuk Meningkatkan Minat Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika (Aritmatika Sosial) Dengan Model Project Based Learning Di SMP Negeri 6 Kuala] Text (Pengembangan Game Edukatif Menggunakan Stencyl Untuk Meningkatkan Minat Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika (Aritmatika Sosial) Dengan Model Project Based Learning Di SMP Negeri 6 Kuala)
Ria Afriliya R, 190212014, FTK, PTI .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Aritmatika Sosial biasanya digunakan di dalam perhitungan keuangan perdagangan dan kehidupan sehari-hari, kegunaan aritmatika sosial dikehidupan sehari-hari untuk mempermudah transaksi jual beli, serta memahami konsep ekonomi. Pada materi Aritmatika Sosial, banyak siswa yang sulit memahami bahasa dari soal cerita, kesalahan konsep mengerjakan soal cerita, dan kurangnya tingkat kemauan untuk membaca. Aritmatika Sosial bisa dipermudah dengan cara membuat sebuah game cerita, dengan adanya game tersebut siswa akan tertarik dengan materi dan menyukai pelajaran aritmatika sosial serta tidak adanya kesalahan konsep maupun merasa enggan untuk membaca soal. Game Aritmatika Sosial ini dibuat menggunakan aplikasi Stencyl, aplikasi game yang dibuat menggunakan Stencyl, dirancang dengan menggunakan metode perancangan R&D, di dalam pembelajaran yang menggunakan aplikasi game membutuhkan model Project Basic Learning (PjBL). Hasil dari penelitian yang telah diujicoba oleh Guru atau ahli media sebesar 91% dalam kategori sangat baik, sedangkan oleh ahli media sebesar 95% dalam kategori sangat baik, dan siswa sebesar 95% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Ria Afrilya
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:06
Last Modified: 21 Feb 2024 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35555

Actions (login required)

View Item
View Item