Ketersediaan Sarana Ruang Perpustakaan Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Keputusan Menteri Agama No. 211 Tahun 2011 (Studi Pada Perpustakaan Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Di Kota Banda Aceh)

Rifqatul Huriyah, 180503051 (2024) Ketersediaan Sarana Ruang Perpustakaan Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Keputusan Menteri Agama No. 211 Tahun 2011 (Studi Pada Perpustakaan Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Di Kota Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Ketersediaan Sarana Ruang Perpustakaan Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Keputusan Menteri Agama No. 211 Tahun 2011 (Studi Pada Perpustakaan Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Di Kota Banda Aceh)] Text (Ketersediaan Sarana Ruang Perpustakaan Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Keputusan Menteri Agama No. 211 Tahun 2011 (Studi Pada Perpustakaan Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Di Kota Banda Aceh))
Rifqatul Huriyah, 180503051, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Ketersediaan sarana ruang Perpustakaan Pendidikan Agama Islam berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No 211 Tahun 2011 (Studi pada perpustakaan agama islam Sekolah Dasar di kota Banda Aceh)”. Rumusan masalah dalam penelitian karya ini adalah apakah ketersediaan sarana ruang Perpustakaan Pendidikan Agama Islam (PAI) pada 6 Sekolah Dasar di Kota Banda Aceh sesuai dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 211 tahun 2011. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketersediaan sarana ruang Perpustakaan Pendidikan Agama Islam (PAI) pada 6 Sekolah Dasar di Kota Banda Aceh berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 211 Tahun 2011. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini yaitu 6 orang diantarnya 1 orang Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) pada setiap sekolah yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar dari enam sekolah telah mengelola perpustakaan Pendidikan Agama Islam sesuai dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 211 Tahun 2011. Meskipun demikian, terdapat beberapa perabot yang seharusnya disediakan sesuai anjuran dalam keputusan tersebut, namun tidak tersedia. Selain itu, ditemukan bahwa dua perpustakaan Pendidikan Agama Islam di dua sekolah tidak lagi dikelola sebagaimana mestinya. Adapun kendala yang dihadapi oleh pihak penyelenggara perpustakaan pendidikan agama Islam (PAI) dalam menyediakan sarana ruang perpustakaan PAI adalah terbatasnya prasarana dan sumber dana untuk memenuhi sarana yang dianjurkan dalam keputusan menteri agama (KMA) No 211 tahun 2011 tentang pedoman pengembangan pendidikan agama islam nasional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Rifqatul Huriyah Rifqa
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:30
Last Modified: 21 Feb 2024 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35570

Actions (login required)

View Item
View Item