Pembelajaran Mawaris dan Kemampuan Siswa dalam Pembagian Harta Warisan pada Madrasah Aliyah Negeri Kota Banda Aceh

Abdul Razak, 201003128 (2023) Pembelajaran Mawaris dan Kemampuan Siswa dalam Pembagian Harta Warisan pada Madrasah Aliyah Negeri Kota Banda Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembelajaran	Mawaris	dan Kemampuan Siswa dalam Pembagian Harta Warisan pada Madrasah Aliyah Negeri Kota Banda Aceh] Text (Pembelajaran Mawaris dan Kemampuan Siswa dalam Pembagian Harta Warisan pada Madrasah Aliyah Negeri Kota Banda Aceh)
09-FULL tesis abdul.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Materi pembelajaran mawaris digolongkan sebagai materi pembelajaran yang sulit oleh siswa madrasah, sehingga mereka enggan mendalaminya. Berdasarkan masalah di atas penulis ingin melakukan penelitian tentang pembelajaran mawaris dan kemampuan siswa dalam praktek pembagian harta warisan dengan rumusan masalah : 1). Untuk mengetahui pembelajaran mawaris,
2). Untuk mengetahui kemampuan pemahaman teori dan 3). Untuk mengetahui kemampuan praktek pembagian harta warisan pada siswa Madrasah Aliyah Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan studi lapangan yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah 632 siswa kelas XI, 3 kepala madrasah dan 3 guru fiqih. Sampel penelitian ini adalah 96 siswa, 3 kepala madrasah dan 3 guru fiqih. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi tela’ah dokumen dan tes. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran mawaris pada Madrasah Aliyah Kota Banda Aceh dilaksanakan oleh guru dengan menerapkan semua komponen dalam RPP. Kemampuan siswa dalam pemahaman teori mawaris Madrasah Aliyah Kota Banda Aceh sudah baik, ini dapat dilihat berdasarkan tes uraian yang diberikan kepada siswa, diketahui 62.7% dapat menjawab soal dengan benar. Kemampuan praktek pembagian harta warisan pada siswa Madrasah Aliyah Kota Banda Aceh diketahui lebih dari setengah siswa sampel yaitu 54.1% telah mampu menjawab soal dengan benar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.4 Hukum Waris (Faraid) dan Wasiat
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Hukum Keluarga
Depositing User: Abdul Razak Razak
Date Deposited: 22 Feb 2024 03:52
Last Modified: 22 Feb 2024 03:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35576

Actions (login required)

View Item
View Item