Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil belajar Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi Kelas XI SMA Negeri 1 Meulaboh

Lisa Agustia, 251324481 (2018) Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil belajar Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi Kelas XI SMA Negeri 1 Meulaboh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Model Pembelajaran)
LISA AGUSTIA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (536kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika yang selama ini dilakukan masih berpusat pada guru. Kesulitan yang dialami siswa adalah dalam pemahaman rumus-rumus fisika dan sulit memahami penjelasan dari guru. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Usaha dan Energi dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas XI SMA Negeri I Meulaboh (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap model Problem Based Learning pada materi Usaha dan Energi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA3 yang berjumlah 33 orang siswa, teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket. Data hasil respon angket dianalisis dengan menggunakan teknik persentase sedangkan hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji N-Gain dan uji-t pada taraf signifikasi α = 0,05 atau 5%. Diperoleh thitung > ttabel yaitu 18,999 > 1,69 sehingga Ha diterima.. Persentase respon siswa terhadap penerapan model Problem Based Learning sangat tertarik yaitu 99,98%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ridhwan, M.Si; 2. Hadi Kurniawan, M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Materi Usaha dan Energi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Lisa Agustia
Date Deposited: 18 Apr 2018 08:55
Last Modified: 18 Apr 2018 08:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3558

Actions (login required)

View Item
View Item