Analisis Pemanfaatan Koleksi Ipustaka Oleh Pengguna Di Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh

Ramoni, 531303235 (2024) Analisis Pemanfaatan Koleksi Ipustaka Oleh Pengguna Di Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Analisis Pemanfaatan Koleksi Ipustaka Oleh Pengguna Di Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh] Text (Analisis Pemanfaatan Koleksi Ipustaka Oleh Pengguna Di Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh)
Ramoni, 531303235, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul analisis pemanfaatan koleksi ipustaka oleh pengguna di perpustakaan dan kearsipan Aceh. Permasalahan dalam penelitian ini adalah aplikasi ipustaka Aceh menyajikan informasi sudah memadai baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya dalam pemenuhan kebutuhan informasi pengguna. Akan tetapi, koleksi yang tersedia kurang dimanfaatkan oleh pengguna. Dari permsalahan tersebut yang menjadi fokus kajian penelitian adalah bagaimanakah tingkat pemanfaatan koleksi melalui ipustaka di dinas perpustakaan dan keararsipan Aceh? dan apa strategi yang dilakukan dinas perpustakaan dan kearsiapn Aceh dalam meningkatkan pemanfaatan ipustaka?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemanfaatan koleksi melalui Ipustaka dan strategi apa yang dilakukan perpustakaan dalam meningkatkan pemanfaatan ipustaka di Dinas Perpustakaan dan Keararsipan Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penilitian ini dilakukan dengan mewawancarai beberapa pihak terkait dan menelaah literatur-literatur terkait. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pemanfaaatan koleksi Ipustaka masih dalam katagori sedang. Hal tersebut terjadi karena adanya kendala yang dihadapi baik dari sisi pemustaka maupun perpustakaan. Dalam hal ini, perpustakaan melakukan langkah-langkah yang strategis berupa sosialisasi Ipustaka dan penyediaan internet dalam lingkungan perpustakaan dalam upaya peningkatan pemanfaatan IPustaka oleh para pemustaka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Ramoni Ramoni
Date Deposited: 22 Feb 2024 02:18
Last Modified: 22 Feb 2024 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35584

Actions (login required)

View Item
View Item