Antara Ilmu dan Imun: Penyintas Mahasiswa dalam Kuliah dan Berobat

Maulidaryani, 190305053 (2023) Antara Ilmu dan Imun: Penyintas Mahasiswa dalam Kuliah dan Berobat. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Antara Ilmu dan Imun: Penyintas Mahasiswa  dalam Kuliah dan Berobat] Text (Antara Ilmu dan Imun: Penyintas Mahasiswa dalam Kuliah dan Berobat)
revisi 2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Ilmu pengetahuan merupakan suatu yang sangat dibutuhkan oleh manusia, untuk mencapai kesuksesan dunia maupun akhirat. Salah satu cara memperoleh ilmu pengetahuan yaitu dengan menuntut ilmu setinggi mungkin, namun dalam proses menuntut ilmu tentunya tidaklah mudah, salah satu kendala yang paling bersar yaitu adanya masalah pada kesehatan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana latar belakang muncul masalah kesehatan pada mahasiswi MY dan bagaimana upaya mahasiswi MY dalam menghadapi dan mengatasi masalah kesehatan. Menggunakan penelitian Autoetnografi, Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang muncul masalah kesehatan pada mahasiswi MY yatu dimulai pada bulan Oktober tahun 2022 tepatnya pada semester 5 perkuliahan mahasiswi MY. Adanya gangguan kesehatan yang di derita oleh mahasiswi MY dengan tiba-tiba dan dengan keyakinan MY bahwa gangguan kesehatan yang ia alami disebabkan oleh perubahan cuaca, namun seiring berjalannya waktu kondisi tubuh MY semakin melemah. Kondisi tubuh yang sering melemah secara tiba-tiba mengharuskan MY sering masuk UGD Rumah sakit, diagnosa demi diagnosa penyakit dinyatakan oleh dokter. Upaya mahasiswi MY dalam menghadapi dan mengatasi masalah kesehatan yaitu berupa menjalani perawatan inap di rumah sakit karena keadaan tubuh MY yang selalu melemah, tidak hanya berupaya pengobatan medis saja namun MY juga mengupayakan pengobatan tradisional mengonsumsi obat-obatan seperti daun benalu kopi yang dipercaya sebagai anti kanker, daun sirsak, kunyit dan daun pacar yang biasanya dijadikan inai pada pernikahan. Dalam pengobatan medis juga disarankan oleh dokter untk mengonsumsu jamu yaitu MAGOZAI

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.177 Kesehatan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Maulidaryani Maulidar
Date Deposited: 22 Feb 2024 02:58
Last Modified: 22 Feb 2024 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35592

Actions (login required)

View Item
View Item