Penerapan Metode Bercerita Melalui Kisah Nabi Ibrahim Untuk Memperkenalkan Nilai Karakter Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Cinta Ananda

Sri Wahyuni. P, 160210042 (2024) Penerapan Metode Bercerita Melalui Kisah Nabi Ibrahim Untuk Memperkenalkan Nilai Karakter Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Cinta Ananda. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Bercerita Melalui Kisah Nabi Ibrahim Untuk Memperkenalkan Nilai Karakter Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Cinta Ananda] Text (Penerapan Metode Bercerita Melalui Kisah Nabi Ibrahim Untuk Memperkenalkan Nilai Karakter Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Cinta Ananda)
Sri Wahyuni. P, 160210042, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya karakter anak yang belum terlihat sikap kemandirian, kelpelrcayaan diri, disiplin, kreatif, belum melmiliki kerja sama yang baik delngan telman. Hal terselbult memperlihatkan bahwa nilai karaktelr sebagian anak di TK Cinta Ananda masih kurang mencerminkan karakter dalam berinterkasi sesama temannya. Olelh karelna itu dipelrlulkan meltodel yang baik ulntulk memperbaiki nilai karaktelr sebagian anak tersebut, salah satunya ialah menggunakan metode bercerita kisah Nabi Ibrahim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu\i penerapan meltodel belrcelrita melalui kisah nabi Ibrahim ulntulk melmpelrkelnalkan nilai karaktelr pada anak ulsia 5-6 tahuln di TK Cinta Ananda. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dan jenis penelitian Qulasi Elkspelrimeln. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 15 orang anak di kelas B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan metode bercerita melalui kisah Nabi Ibrahim dapat memperkenalkan nilai karakter anak usia 5-6 tahun di TK Cinta Ananda, dimana nilai pree test diperoleh sebesar 7,6 naik menjadi 13,9 pada post test. Uji hopotesis juga menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu yaitu 24,2 > 1.72. Artinya penerapan pembelajaran metode bercerita melalui kisah nabi Ibrahim dapat memperkenalkan nilai karakter pada anak usia 5-6 tahun di TK Cinta Ananda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Sri Wahyuni
Date Deposited: 23 Feb 2024 02:49
Last Modified: 23 Feb 2024 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35601

Actions (login required)

View Item
View Item