Pengaruh Penerapan Tari Kreasi dengan Tema Tanah Airku Terhadap Penanaman Nilai Nasionalisme Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Subulussalam

Nadia Nuzulah, 180210121 (2024) Pengaruh Penerapan Tari Kreasi dengan Tema Tanah Airku Terhadap Penanaman Nilai Nasionalisme Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Subulussalam. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Tari Kreasi dengan Tema Tanah   Airku] Text (Pengaruh Penerapan Tari Kreasi dengan Tema Tanah Airku)
Nadia Nuzulah, 180210121, FTK, PIAUD, 082259782128 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Nasionalisme adalah suatu paham kebangsaan yang berarti seseorang yang memiliki kecintaan terhadap bangsa dan tanah airnya sendiri. Salah satu kegiatan yang dapat membantu menanamkan rasa nasionalisme pada anak melalui kegiatan tari kreasi dengna tema tanah airku. Dari observasi awal di PAUD Subulussalam terkait permasalahan nilai nasionalisme masih banyak anak yang sering kali menari mengikuti budaya luar dibandingkan budaya lokal, dan anak kurang mengetahui lagu-lagu yang nasionalisme seperti lagu tanah airku dan negaraku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan tari kreasi dengan Tema tanah airku terhadap penanaman nilai nasionalisme anak usia 5-6 tahun di PAUD Subulussalam Banda Aceh. Metodologi yang digunakan yaitu metodologi kuantitaif dengan desain one group pretest posttest. Populasinya yaitu semua siswa kelas B di PAUD Subulussalam. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling, sehingga sampel yang terpilih kelas B3. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji normalitas uji t dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dimana hipotesis penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak, dari hasil uji t menunjukkan bahwa t_hitung> t_tabel yaitu 18,61 > 1,83311. Dengan demikian penerapan tari kreasi berpengaruh terhadap penanaman nilai nasionalisme pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Subulussalam Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation
700 Arts and Recreation > 780 Music (Seni Musik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Nadia Nuzulah Nadia
Date Deposited: 23 Feb 2024 02:50
Last Modified: 23 Feb 2024 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35607

Actions (login required)

View Item
View Item