Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Al - Qur’an Hadist Kelas VII di MTsS Samahani Kabupaten Aceh Besar

Maysyurah Turiza, 170201201 (2023) Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Al - Qur’an Hadist Kelas VII di MTsS Samahani Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Al - Qur’an Hadist Kelas VII di MTsS Samahani Kabupaten Aceh Besar] Text (Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Al - Qur’an Hadist Kelas VII di MTsS Samahani Kabupaten Aceh Besar)
MAYSYURAH_TURIZA_Revisi_9-1[1](1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik di MTsS Samahani pada mata pelajaran Al-Quran Hadis kelas VII masih tergolong rendah. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik adalah disebabkan karena peserta didik mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan belajar yang dialami peserta didik beserta dengan faktor penyebabnya. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan terdiri atas tiga langkah kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : 1) Kesulitan belajar pada pelajaran Al-Qur’an Hadist yang dialami siswa kelas VII MTsS Samahani Kabupaten Aceh Besar tahun 2023 ada beberapa macam, diantaranya yaitu: pertama, siswa mengalami kesulitan membaca Al-Qur’an yang disebabkan karena siswa belum memahami secara keseluruhan tentang huruf hijaiyah, kesulitan pengucapan huruf hijaiyah sesuai dengan makhraj yang benar, dan kesulitan dalam penerapan tajwid atau hukum-hukum bacaan. Kedua, siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menghafal ayat Al-Qur’an dan Hadist beserta isi kandungannya. Kesulitan ini dialami siswa karena kurangnya kemampuan siswa dalam memahami dan menghafalkan bacaan Al-Qur’an dan Hadist. 2) Faktor-faktor penyebab siswa kelas VII MTsS Samahani Kabupaten Aceh Besar kesulitan belajar pada pelajaran Al-Qur’an Hadist diantaranya yaitu kurangnya minat dan motivasi belajar siswa, kurang dan lemahnya kemampuan siswa dalam membaca dan mengingat, kurangnya perhatian orang tua, kurangnya kemampuan guru dalam menyajikan proses pembelajaran, dan minimnya sarana dan prasarana yang disediakan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maysyurah Turiza
Date Deposited: 23 Feb 2024 02:50
Last Modified: 23 Feb 2024 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35609

Actions (login required)

View Item
View Item