Syeikh Abdullah Kan’an Sebagai Ulama Keramat (Persepsi Masyarakat Gampong Lampeneuen Aceh Besar)

Yullia Safira, 190501103 (2024) Syeikh Abdullah Kan’an Sebagai Ulama Keramat (Persepsi Masyarakat Gampong Lampeneuen Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Syeikh Abdullah Kan’an Sebagai Ulama Keramat (Persepsi Masyarakat Gampong Lampeneuen Aceh Besar)] Text (Syeikh Abdullah Kan’an Sebagai Ulama Keramat (Persepsi Masyarakat Gampong Lampeneuen Aceh Besar))
Yullia Safira, 190501103, FAH, SKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Syeikh Abdullah Kan’an merupakan seorang ulama asal Palestina. Ia dianggap sebagai pembawa Islam pertama ke Aceh Besar. Selain ulama, ia juga seorang pengusaha serta ahli dalam pertanian terutama lada. Syeikh Abdullah Kan’an memiliki peran dalam menyebarkan lada di Aceh sehingga ia pun disebut sebagai Bapak Lada Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat Gampong Lampeneueun terhadap Sosok Syeikh Abdullah Kan’an sebagai Bapak Lada Aceh serta peran Syeikh Abdullah Kan’an dalam penyebaran lada di Aceh. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Syeikh Abdullah Kan’an atau yang lebih dikenal dengan Teungku Chik Lampeneu’eun lahir sekitar tahun 400-450 H/1012-1059 M. Namanya Abdullah diberikan oleh orang tuanya yang berasal dari Kan’an, Palestina merupakan mufti Kerajaan pertama di Aceh. Syeikh Abdullah Kan’an sebagai tokoh yang pertama kali membawa dan mengenalkan bibit lada ke wilayah Aceh. Keberhasilan ini membawa lada menjadi tanaman yang penting dalam ekonomi dan budaya setempat. Syeikh Abdullah Kan'an adalah seorang ulama yang memegang peranan bersejarah penting bagi warga Gampong Lampeneueun. Dia dihormati sebagai Tengku yang memiliki keberkahan, dan reputasinya terkenal di kalangan masyarakat lokal maupun di luar wilayah tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Yullia Safira
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:23
Last Modified: 23 Feb 2024 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35613

Actions (login required)

View Item
View Item