Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Guru PAI di SMPN 1 Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya

Yaris Sani, 190201092 (2023) Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Guru PAI di SMPN 1 Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas  Guru PAI di SMPN 1 Manggeng Kabupaten Aceh Barat  Daya] Text (Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Guru PAI di SMPN 1 Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya)
SKRIPSI YARIS SANI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Peranan merupakan suatu konsep kejadian yang dapat dilakukan oleh seorang individu yang sangat penting bagi struktur sosial masyarakat, peranan meliputi peraturan-peraturan dan nilai-nilai yang dikembangkan sesuai dengan posisi atau tempat seseorang dalam masyarakat. Kepala sekolah adalah seorang guru yang diberikan tugas tambahan memimpin dan mengelola suatu lembaga pendidikan yang formal, supaya dapat meningkatkan skualitas pendidik. Kualitas guru PAI merupakan SDM seorang guru yang dapat menentukan sikap atau keterampilan diri, suatu pemahaman terhadap guru PAI peserta didik dan juga memberikan contoh yang baik kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peranan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru PAI di SMPN 1 Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya. (2) Mengetahui teknik kepala sekolah dalam mensupervisi guru PAI di SMPN 1 Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya. (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat terhadap peningkatan kualitas guru PAI di SMPN 1 Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data-data dikumpulkan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peranan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru PAI di SMPN 1 Manggeng menggunakan teknik kontrol secara langsung sesuai dengan kegiatan guru PAI dan menilai perangkat pembelajaran guru PAI seperti Silabus, RPP, Prosem dan Prota. Kepala sekolah juga menyediakan bahan ajar guru PAI dan mengesahkan perangkat pembelajarannya, memberikan buku pegangan, buku pengayaan dan juga kepala sekolah menyediakan alat tambahan untuk mendukung proses belajar mengajar seperti infocus, layar proyektor dan komputer. Serta selalu mengontrol ketersedian prasarana arus listriknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yaris Sani Yaris
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:23
Last Modified: 23 Feb 2024 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35614

Actions (login required)

View Item
View Item