Praktik Pembacaan Surah Yasin dalam Tradisi Treun Muenu’ue pada Masyarakat Gampong Rambong Cut Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya

Wahyu Fitria, 200303025 (2023) Praktik Pembacaan Surah Yasin dalam Tradisi Treun Muenu’ue pada Masyarakat Gampong Rambong Cut Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tradisi] Text (Tradisi)
Wahyu Fitria, 200303025, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Literatur kajian surah Yasin menyebutkan bahwa surah Yasin dianjurkan untuk dibacakan kepada orang yang sedang mengalami sakratul maut dan dianjurkan pula untuk dibaca setiap malam Jumat, namun masyarakat Gampong Rambong Cut mempraktikkan pembacaan surah Yasin pada tradisi bajak sawah yaitu tradisi treun muenu’ue. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin melihat bagaimana Al-Qur’an hidup di tengah masyarakat Rambong Cut. Maka peneliti mengkaji bagaimana praktik pembacaan surah Yasin dalam tradisi treun muenu’ue dan bagaimana pemaknaan bagi masyarakat terhadap pembacaan surah Yasin dalam tradisi treun muenu’ue. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deksriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dan wawancara. Hasil lapangan menunjukkan bahwa surah Yasin dipraktikkan dalam tradisi ini karena dengan harapan supaya tanaman padi jauh dari wabah penyakit dan mendapatkan hasil panen yang berkualitas. Selain itu penulis menemukan makna yang terkandung dalam pembacaan surah Yasin bagi masyarakat, yaitu makna objektif, makna ekspresif dan makna dokumenter. Sebagai makna objektifnya, tradisi ini dipandang sebagai suatu kewajiban. Sebagai makna ekpresifnya, tradisi ini merupakan wasilah untuk memohon kepada Allah supaya tanaman padi dijauhkan dari wabah penyakit dan mendapatkan hasil panen yang berkualitas. Sebagai makna dokumenter dalam tradisi ini dapat membersihkan jiwa dari hal-hal negatif seperti dapat mengurangi maksiat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Wahyu Fitria Wahyu
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:30
Last Modified: 23 Feb 2024 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35625

Actions (login required)

View Item
View Item