Manajemen Kelas Dalam Membangun Interaksi Guru dan Siswa di SMAN 12 Banda Aceh

Muhammad Arif Hidayah, 170206077 (2023) Manajemen Kelas Dalam Membangun Interaksi Guru dan Siswa di SMAN 12 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Manajemen Kelas] Text (Manajemen Kelas)
Muhammad Arif Hidayah, 170206077, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Fenomena yang terjadi didalam sebuah lembaga pendidikan saat ini adalah pada proses pelaksanaan dalam sebuah pembelajaran di kelas berjalan sesuai rencana namun masih kurang pada penerapan konsep-konsep manajemen kelasnya sehingga kendala pada pelaksanaan pembelajaran seperti halnya di SMAN 12 Banda Aceh pada pengelolaan kelas dalam pembelajaran sudah berjalan baik walaupun masih belum optimal hal itu dasarkan pada siswa yang berasal dari golongan menengah kebawah dengan tingkat kecerdasan yang tentunya berbeda-beda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Manajemen Kelas dalam Membangun Interaksi Guru dan Siswa di SMAN 12 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek peneliti adalah kepala sekolah, dua sampai tiga orang guru kelas dan beberapa orang siswa. Hasil penelitian: pertama, Perencanaan kelas dalam membangun interaksi guru dan siswa di SMAN 12 Banda Aceh adalah tahapan-tahapan perencanaan yang mendasar dan tahapannya seperti menyiapkan perangkat kelas, menyiapkan perangkat pembelajaran, menyiapkan peraturan dan kesepakatan dalam pembelajaran serta menyiapkan siswa baik secara fisik dan mental. Kedua, pada pelaksanaan kelas dalam membangun interasi guru dan siswa di SMAN 12 Banda Aceh berjalan dengan baik dimulai dari awal pelaksaan pembeljaran, guru menertibkan siswa, memulai pembelajaran dengan berdo’a, menyampaikan materi pembelajaran menggunakan metode yang bervariasi, siswa disiplin dalam pembelajaran namun terdapat kendala seperti siswa ada yang kurang menyukai mata pelajaran tetentu,kurang minat baca dan guru yang kurang memahami siswa serta interkasi yang berulang kepada siswa yang berkebuthan khusus. Ketiga, evaluasi pengelolaan kelas dalam membangun nteraksi guru dan siswa pada hasil belajar siswa memenuhi pencapaian pembelajaran, kedisiplinan meningkat setiap semesternya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Arif Hidayah Arif
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:25
Last Modified: 23 Feb 2024 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35627

Actions (login required)

View Item
View Item