Kepedulian Pimpinan Perusahaan Terhadap Aktivitas Ibadah (Studi Deskriptif Analisis Pada Perusahaan Pabrik Kelapa Cv. Rezki Bersama Di Desa Alus-Alus, Kabupaten Simeulue)

Firda Fanita, 190402069 (2024) Kepedulian Pimpinan Perusahaan Terhadap Aktivitas Ibadah (Studi Deskriptif Analisis Pada Perusahaan Pabrik Kelapa Cv. Rezki Bersama Di Desa Alus-Alus, Kabupaten Simeulue). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Kepedulian Pimpinan Perusahaan Terhadap Aktivitas Ibadah (Studi Deskriptif Analisis Pada Perusahaan Pabrik Kelapa Cv. Rezki Bersama Di Desa Alus-Alus, Kabupaten Simeulue)] Text (Kepedulian Pimpinan Perusahaan Terhadap Aktivitas Ibadah (Studi Deskriptif Analisis Pada Perusahaan Pabrik Kelapa Cv. Rezki Bersama Di Desa Alus-Alus, Kabupaten Simeulue))
Firda Fanita, 190402069, FDK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kepedulian seorang pimpinan perusahaan dalam melaksanakan fungsi dan perannya terhadap agama akan memberikan dampak positif kepada karyawan dan keberlangsungan perusahaan. Seharusnya seorang pemimpin perusahaan menyediakan tempat Ibadah kepada karyawan dan menerapkan peraturan menjalani Ibadah diperusahaan agar karyawan tidak melalaikan kewajiban sebagai seorang muslim. Namun pada kenyataanya kepedulian pimpinan perusahaan lebih menekankan dan menegaskan masalah seperti disiplin bekerja, datang tepat waktu, tidak diperbolehkan absen dan kualitas kerja karyawan yang dibutuhkan. Tujuan penelitian: untuk mengetahui kepedulian pimpinan perusahaan terhadap aktivitas Ibadah karyawan dan untuk mengetahui kendalah pimpinan perusahaan terhadap kepedulian aktivitas Ibadah karyawan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 12 responden. Teknik pemilihan subjek dilakukan secara purposive sampling, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) kepedulian pimpinan perusahan terhadap aktivitas Ibadah karyawan masi belum terpenuhi dengan baik, sebab kewajiban CV. Rezeki Bersama dalam memberikan hak-hak karyawan belum sepenuhnya dilaksankan. Seperti pihak perusahaan belum menyedikan fasilitas tempat Ibadah dan sarana lainnya sehingga karyawan tidak dapat melaksankan Ibadah (salat) di perusahaan. (2) Kendala yang dihadapi pimpinan perusahaan terhadap kepedulian aktivitas Ibadah karyawan yaitu karyawan tidak bisa diatur dan sulit diajak bekerja sama dengan baik, kedua hubungan komunikasi yang kurang efektif antara pimpinan dan karyawan, dan ketiga gaya kepemimpinan yang tidak sesuai memberikan dampak buruk bagi karyawan dan keberlangsungan perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Firda Fanita
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:39
Last Modified: 26 Feb 2024 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35676

Actions (login required)

View Item
View Item