Kebijakan Pemerintah Terhadap Mutu Pendidikan di Aceh Singkil

Ningrum, 180801050 (2024) Kebijakan Pemerintah Terhadap Mutu Pendidikan di Aceh Singkil. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kebijakan Pemerintah Terhadap Mutu Pendidikan di Aceh Singkil] Text (Kebijakan Pemerintah Terhadap Mutu Pendidikan di Aceh Singkil)
SKRIPSI NINGRUM 180801050 FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan merupakan komitmen Pemerintah Indonesia yang diterapkan melalui berbagai kebijakan. Pendidikan nasional merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat. Seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 bahwa setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan yang layak terutama pendidikan dasar. Selain membahas tentang pendidikan sebagai suatu hak, dan juga mempertegas bahwa pendidikan (terutama pendidikan dasar) merupakan kewajiban bagi setiap warga negara dan pemerintah wajib membiayainya. Aceh singkil termasuk kabupaten dengan mutu pendidikan yang tergolong masih rendah ini menjadi salah satu faktor Aceh Singkil menjadi kabupaten termiskin di Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran pemerintah Kabupaten Aceh Singkil dalam meningkatkan mutu pendidikan di Aceh Singkil. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mutu guru di Aceh Singkil masih kurang mulai dari guru PNS, guru tersertifikasi maupun guru lulusan S1, sedangkan mutu siswa jika dilihat dari hasil nilai ujian akhir masih rendah dibandingkan rata-rata nilai provinsi Aceh. Fasilitas sekolah masih banyak yang belum memadai, mulai dari belum tercukupinya ruang kelas, minimnya buku diperpustakaan, peralatan lab yang tidak ada, Kondisi ini akan berpengaruh terhadap ketidaknyamanan proses belajar, ketidaklayakan sekolah. Upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Aceh Singkil yaitu melalui program-program untuk mendukung pendidikan mulai dari sarana dan prasarana, membantu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) guru, meningkatkan kualitas pendidikan, proses pendidikan di Aceh Singkil, dan juga memberikan dukungan berupa program-program untuk menunjang meningkatnya nilai dan prestasi siswa.

Kata Kunci: kebijakan, pemerintah dan mutu pendidikan, Aceh Singkil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 379 Isu kebijakan publik menyangkut pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Ningrum Ningrum
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:08
Last Modified: 26 Feb 2024 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35679

Actions (login required)

View Item
View Item