Analisis Kesulitan Menulis Huruf Arab Melayu Pada Mahasiswa PAI Tahun 2022/2023

Miftahul Jannah, 190201063 (2023) Analisis Kesulitan Menulis Huruf Arab Melayu Pada Mahasiswa PAI Tahun 2022/2023. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kesulitan Menulis Huruf Arab Melayu  Pada Mahasiswa PAI Tahun 2022/2023] Text (Analisis Kesulitan Menulis Huruf Arab Melayu Pada Mahasiswa PAI Tahun 2022/2023)
DOC-20231231-WA0022..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Sekarang ini di Indonesia pemakaian aksara Arab Melayu hampir tidak ditemukan lagi, dapat dikatakan sudah hampir punah. Apabila hal ini dibiarkan terus, maka tulisan Arab Melayu akan hilang dan merugikan bangsa Indonesia. Aksara Arab Melayu kini tidak dikenali lagi oleh masyarakat Aceh pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Padahal aksara Arab Melayu memiliki peran yang sangat penting yaitu menjadi salah satu khazanah kebudayaan yang bernilai tinggi. Oleh karena itu, sangat penting diadakan pengajaran aksara Arab Melayu kepada generasi sekarang sehingga dapat membantu memahami naskah-naskah Melayu yang telah di tulis oleh para Ulama Indonesia. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian tentang analisis kesulitan belajar menulis huruf Arab Melayu pada mahasiswa PAI tahun 2022/2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis Arab Melayu mahasiswa PAI, mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa dan solusi yang dapat dilakukan mahasiswa PAI untuk mengatasi kesulitan menulis Arab Melayu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah soal test, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa PAI tahun 2022/2023 masih rendah. Sedangkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam menulis Arab Melayu adalah mereka malas, dan minat belajar yang kurang serta materi pembelajaran Arab Melayu yang susah itu menyebabkan mereka sulit dalam menulis Arab Melayu dikarenakan tidak menghafal kaidah penulisannya. Sedangkan solusi untuk mahasiswa adalah mengulang kembali materi yang telah diajarkan oleh dosen pengampu, dan bertanya jika ada materi yang belum di pahami, dan memperbanyak membaca kitab-kitab jawi lainnya. Kemudian solusi yang dapat diterapkan oleh dosen untuk mengatasi kesulitan belajar mahasiswa adalah : dosen memberikan motivasi dan dorongan kepada mahasiswa agar lebih semangat untuk mempelajari ilmu Arab Melayu, dosen juga harus memberikan pengetahuan dasar tentang bagaimana penulisan Arab Melayu yang baik dan benar, dan harus sering memberikan tugas atau praktek langsung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi) > 2X7.388 Mahasiswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miftahul Jannah Miftah
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:50
Last Modified: 26 Feb 2024 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35685

Actions (login required)

View Item
View Item