Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) di Desa Udeung Kabupaten Pidie Jaya

Masrurrati, 180801064 (2024) Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) di Desa Udeung Kabupaten Pidie Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) di Desa Udeung Kab. Pidie Jaya] Text (Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) di Desa Udeung Kab. Pidie Jaya)
SKRIPSI MASRURRATI 180801064 FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Kemiskinan merupakan situasi di mana individu atau suatu rumah tangga mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dasar. UPPKS merupakan salah satu program yang diusung oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN). Program BKKBN melakukan pendampingan terhadap kelompok UPPKS dalam rangka membantu mengentaskan kemiskinan pada keluarga pra-sejahtera dengan mendorong program Keluarga Berencana (KB), meningkatkan perekonomian keluarga, dan pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja dampak positif dan negatif dari program UPPKS yang ditawarkan BKKBN terhadap pemberdayaan perempuan di Desa Udeung Kab. Pidie Jaya dan untuk mengetahui pendapat masyarakat di Desa Udeung mengenai program UPPKS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, program UPPKS yang ditawarkan BKKBN di Desa Udeung Kab. Pidie Jaya mempunyai dampak terhadap pemberdayaan perempuan. Namun, dampak yang ditimbulkan dari program ini sendiri tidak jauh dari dampak positif maupun negatif. Adapun dampak positif dari program UPPKS adalah perekonomian masyarakat terutama para perempuan, di mana mereka dapat membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga, menabung dan ikut disertakan dalam proses pengambilan keputusan yang akan diterapkan di Desa Udeung itu sendiri. Adapun dampak negatif dari program UPPKS ini adalah, penyaluran dana yang tidak tepat, penyampaian materi bersifat formalitas saja. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa program UPPKS dapat memberikan dampak yang lebih besar terhadap pemberdayaan perempuan jika dikelola dengan benar.

Kata Kunci : Pemberdayaan Perempuan, Program UPPKS.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Masrurati Masrurati
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:09
Last Modified: 26 Feb 2024 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35688

Actions (login required)

View Item
View Item