Persepsi Masyarakat Gampong Meunasah Lhok Mengenai Kuburan Syahid Di Lhoong

Chalisa, 180501010 (2023) Persepsi Masyarakat Gampong Meunasah Lhok Mengenai Kuburan Syahid Di Lhoong. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Persepsi Masyarakat Gampong Meunasah Lhok Mengenai Kuburan Syahid Di Lhoong] Text (Persepsi Masyarakat Gampong Meunasah Lhok Mengenai Kuburan Syahid Di Lhoong)
SKRPSI LISA 8 (1) (1) (1) (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Persepsi Masyarakat Gampong Meunasah Lhok Mengenai Kuburan Syahid Di Lhoong”. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui siapa yang dikuburankan pada kuburan syahid di Lhoong, untuk mengetahui bentuk kuburan syahid di Lhoong, dan untuk mengetahui pandangan masyarakat terhadap kuburan syahid di Lhoong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kuburan syahid yaitu Tgk. Abdullah di gampong Meunasah Lhok kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar. informan dalam penelitian ini adalah penjaga kuburan, keuchik gampong Meunasah Lhok, masyarakat disekitar kuburan syahid, dan pengunjung kuburan. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kuburan ini adalah kuburan Tgk. Abdullah, merupakan salah seorang pahlawan yang melawan Belanda pada saat Perang Pudeng di tahun 1933. Masyarakat mengatakan bahwa beliau ulama, akan tetapi ada yang mengatakan bahwa beliau merupakan seorang pahlawan, yang meninggal ditembak oleh pasukan Belanda. Masyarakat Meunasah Lhok menganggap bahwa kuburan syahid ini merupakan kuburan keramat, hingga saat ini masih ada masyarakat yang berziarah ataupun yang melepas nazar di kuburan syahid ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.9 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Chalisa Lisa
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:07
Last Modified: 26 Feb 2024 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35691

Actions (login required)

View Item
View Item