Pengembangan Media Math Multiplication PowerPoint Interactive dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian pada Bilangan Cacah untuk Kelas II SD/MI

Zahara Chyntia Diva, 180209041 (2022) Pengembangan Media Math Multiplication PowerPoint Interactive dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian pada Bilangan Cacah untuk Kelas II SD/MI. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media] Text (Pengembangan Media)
Zahara Chyntia Diva, 180209041, FTK, PGMI, 082267987704.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi guru tidak menggunakan media pembelajaran pada materi perkalian serta metode pembelajaran yang diterapkan konvensional yaitu menggunakan metode ceramah. Saat pembelajaran matematika materi perkalian guru mengajar dengan teknik menghafal perkalian. Siswa hanya mengetahui hasil perkalian karena menghafal bukan dari pemahaman konsep perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media Math Multiplication PowerPoint Interctive pada pembelajaran matematika materi perkalian pada bilangan cacah untuk kelas II SD/MI. (2) mengetahui kelayakan media Math Multiplication PowerPoint Interctive pada pembelajaran Matematika materi perkalian pada bilangan cacah untuk kelas II SD/MI. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDIK Imam An-Nawawi Banda Aceh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi, ahli bahasa, serta angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) desain pengembangan media pembelajaran Math Multiplication PowerPoint Interactive dalam pembelajaran matematika materi perkalian pada bilangan cacah untuk kelas II SD/MI dikemas dalam bentuk file PowerPoint Show tahap pengembangan media ini model 4D yaitu Define instructional requirements (pendefinisian), Design prototypical instructional model (perancangan), Develop tested and reliable instructional model (pengembangan) dan Disseminate instructional model (penyebaran). (2) Hasil validasi media, validasi materi,dan validasi bahasa diperoleh skor rata-rata 87% dengan katagori sangat layak, respon guru presentase 100% dengan kategori sangat menarik dan respon siswa dengan presentase 94,66% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media math multiplication powerpoint interactive sangat layak digunakan di kelas II SD/MI.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zahara Chyntia Diva Zahara
Date Deposited: 27 Feb 2024 02:45
Last Modified: 27 Feb 2024 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35705

Actions (login required)

View Item
View Item