Analisis Distribusi Zakat dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi pada Baitul Mal Kabupaten Pidie Jaya)

Zulfahmi, 180602063 (2023) Analisis Distribusi Zakat dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi pada Baitul Mal Kabupaten Pidie Jaya). Masters thesis, Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pendsitribusian,  zakat,  BMK  Pidie  Jaya, Kesejahteraan Masyarakat] Text (Pendsitribusian, zakat, BMK Pidie Jaya, Kesejahteraan Masyarakat)
Zulfahmi, 180602063, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya proses pendistribusian zakat yang dilakukan oleh Lembaga Baitul Mal Kabupaten Pidie Jaya agar zakat tersalurkan secara maksimal dan tepat sasaran, sehingga menjadi solusi untuk mengatasi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana mekanisme dalam proses pendistribusian zakat di pada Baitul Mal Kabupaten Pidie Jaya dan untuk mengetahui apakah pendistribusian dana zakat tersebut dapat meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Pidie Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bawah mekanisme pendistribusian dana zakat di Baitul Mal Kabupaten Pidie Jaya memiliki dua bentuk, pertama, Distribusi dana zakat konsumtif yaitu pemberian dana berupa pemenuhan kebutuhan pokok, pemenuhan kebutuhan tingkat kesejahteraan sosial, dan pemenuhan pada peningkatan Sumber Daya Manusia. Kedua, Distribusi dana zakat produktif yaitu zakat yang diberikan kepada mustahik sebagai modal usaha. Pengukuran tingkat kesejahteraan masyarakat dalam penelitian ini menggunakan empat indikator: Pendapatan, Perumahan, Pendidikan, kesehatan. Dari empat indikator yang diteliti pendistribusian zakat yang dilakukan oleh Baitul Mal Kabupaten Pidie Jaya berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Pidie Jaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Zulfahmi Fahmi
Date Deposited: 27 Feb 2024 02:51
Last Modified: 27 Feb 2024 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35714

Actions (login required)

View Item
View Item