Efektivitas Ekstrak Daun Sirsak (Annona Muricata L.) Dan Daun Pepaya (Carica Papaya L.) Terhadap Pengendalian Hama Pada Tanaman Selada (Lactuca Sativa L.)

Cut Nanda Riska, 160703079 (2024) Efektivitas Ekstrak Daun Sirsak (Annona Muricata L.) Dan Daun Pepaya (Carica Papaya L.) Terhadap Pengendalian Hama Pada Tanaman Selada (Lactuca Sativa L.). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Sains dan Teknologi.

[thumbnail of Efektivitas Ekstrak Daun Sirsak (Annona Muricata L.) Dan Daun Pepaya (Carica Papaya L.) Terhadap Pengendalian Hama Pada Tanaman Selada (Lactuca Sativa L.)] Text (Efektivitas Ekstrak Daun Sirsak (Annona Muricata L.) Dan Daun Pepaya (Carica Papaya L.) Terhadap Pengendalian Hama Pada Tanaman Selada (Lactuca Sativa L.))
Cut Nanda Riska, 160703079, FST, BIO.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas serangan hama yang diakibatkan oleh hama pemakan daun setelah pemberian ekstrak daun sirsak, ekstrak daun pepaya dan kombinasi ekstrak daun sirsak dan pepaya pada tanaman selada. Penelitian ini dilaksanakan di Lahan Perkebunan Tanaman Selada di Gp. Grong-Grong, Beuracan, Kec, Meureudu, Kab. Pidie Jaya pada bulan Maret - Juni 2021. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 10 perlakuan yaitu, kontrol, ekstrak daun sirsak, ekstrak daun pepaya dan kombinasi ekstrak daun sirsak dan pepaya dengan masing-masing konsentrasi 10%, 20% dan 30 % dengan 3 kali penggulangan. Parameter yang diamati pada penelitian ini yaitu menghitung jumlah hama dan intesitas serangan hama. Pengaruh pemberian pestisida nabati ekstrak daun sirsak dan ekstrak dan ekstrak daun pepaya terhadap intensitas serangan hama pada tanaman selada menghasilkan nilai tertinggi dari masing-masing ekstrak daun yaitu 12%, 19% dan 11% dengan konsentrasi 20%. Hal ini menunjukkan bahwa dari hasil nilai persentase intensitas serangan hama dari 10% - 50% termasuk ke dalam tingkat kategori rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Cut Nanda Riska
Date Deposited: 27 Feb 2024 03:08
Last Modified: 27 Feb 2024 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35716

Actions (login required)

View Item
View Item