Perilaku Sosial Pecandu Game Online Di Kalangan Remaja Desa Blang Baru Kecamatan Labuhan Haji Barat Kabupaten Aceh Selatan

Ismail Saputra, 190405016 (2024) Perilaku Sosial Pecandu Game Online Di Kalangan Remaja Desa Blang Baru Kecamatan Labuhan Haji Barat Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perilaku Sosial Pecandu Game Online Di Kalangan Remaja Desa Blang Baru Kecamatan Labuhan Haji Barat Kabupaten Aceh Selatan] Text (Perilaku Sosial Pecandu Game Online Di Kalangan Remaja Desa Blang Baru Kecamatan Labuhan Haji Barat Kabupaten Aceh Selatan)
Ismail Saputra, 190405016, FDK, PKS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pada skripsi ini, penelitian akan difokuskan pada perilaku sosial pecandu game online di kalangan remaja di Desa Blang Baru Kecamatan Labuhanhaji Barat Kabupaten Aceh Selatan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkapkan bentuk perilaku sosial pecandu game online, dampak perilaku sosial pecandu dan upaya yang dilakukan untuk pemulihan kecanduan game online. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskirptif, jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 14 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembentukan perilaku remaja yang menjadi kecanduan game online cenderung kearah yang negatif, lantaran mereka menganggap bermain game online adalah suatu kepuasan yang tidak dapat digantikan dengan aktivitas lainnya. Dengan demikian mereka mengabaikan orang-orang terdekatnya seperti kedua orang tuanya dan masyarakat sekitar. Berinteraksi dengan orang- orang sekitar menjadi tidak efektif akibat mereka sudah jarang melakukan komunikasi, hal ini dikarenakan mereka lebih mementingkan keinginannya untuk bermain game online dibandingkan aktivitas lain sehingga mereka mengabaikan hal-hal yang tidak berkenaan dengan game online. Dampak game online terhadap perilaku sosial dapat dibagi menjadi dua yaitu dampak positif dan dampak negatif yaitu: Dampak positif diantaranya: dapat menambah relasi atau menambah teman, sebagai refreshing menghilangkan stres, melatih kedesiplinan, komunikasi dan kerjasama, dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.Dampak negatif diantaranya: dapat meningkatkan kemalasan, sangat membuang waktu sehingga tidak produktif, terbengkalainya tugas karena game online, menimbulkan efek ketagihan/kecanduan, dapat berkata kasar dan tidak menghiraukan temannya, orangtua bahkan masyarakat. Bentuk-bentuk perilaku sosial diantaranya: rasionalitas instrumental, rasionalitas yang berorientasi, tindakan tradisional, dan tindakan afektif. Sedangkan upaya yang dilakukan untuk pemulihan kecanduan game online di kalangan remaja yaitu: membatasi bermain game, mencari hobi baru, terapkan batasan, mengurangi kebutuhan remaja dari akses game online seperti mengurangi kuota paket internet.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perilaku sosial, Pecandu Game Online, Remaja, Desa Blang Baru Kecamatan Labuhan Haji arat Kabupaten Aceh Selatan
Subjects: 200 Religion (Agama)
Depositing User: Ismail Saputra
Date Deposited: 27 Feb 2024 02:57
Last Modified: 27 Feb 2024 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35717

Actions (login required)

View Item
View Item