Perbandingan Qiraat Imam Hamzah Dan Imam Hafs Menurut Imam Syatibi Dalam Surah Al-Israa

Nur Aqillah Binti Suhaimi, 180303129 (2022) Perbandingan Qiraat Imam Hamzah Dan Imam Hafs Menurut Imam Syatibi Dalam Surah Al-Israa. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Perbandingan Qiraat Imam Hamzah Dan Imam Hafs Menurut Imam Syatibi Dalam Surah Al-Israa] Text (Perbandingan Qiraat Imam Hamzah Dan Imam Hafs Menurut Imam Syatibi Dalam Surah Al-Israa)
FULL SKRIPSI NUR AQILLAH BINTI SUHAIMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Al-Quran adalah wahyu daripada Allah SWT yang diturunkan kepada seluruh umat Islam melalui Rasulullah SAW. Ia bertujuan untuk menjadi pegangan dan petunjuk kepada manusia. Qiraat adalah setiap bacaan yang disandarkan kepada imam-imam qiraat yang diakui bacaanya daripada Rasulullah SAW. Oleh itu, tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui perbandingan atau perbedaan qiraat antara Imam Hamzah dan Imam Hafs menurut Imam Syatibi dalam surat Al-Israa’. Ada beberapa pendekatan yang digunakan untuk memahami perbandingan kedua bacaan ini agar dapat dipahami dengan baik dan benar. Penelitian skripsi ini menggunakan metode muqarran yaitu membandingkan kedua qiraat imam tersebut dalam surat Al-Israa’. Hasil dari penelitian ini adalah berlakunya perbedaan baris dan harakat dalam bacaan Imam Hamzah dan Imam Hafs menurut Imam Syatibi. Hal ini dapat diketahui apabila menggunakan kaidah perbandingan kedua bacaam imam-imam tersebut. Adapun makna qiraat adalah bacaan imam-imam qiraat dengan tujuh wajah menurut Imam Syatibi dan sepuluh wajah menurut Imam Jazari manakala qiraat sab’ah adalah qiraat tujuh yang diakui bacaannya daripada Rasulullah. Justru itu, seseorang tidak hanya memahami bahwa Al-Quran dibaca dengan satu wajah saja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat, masukkan di sini adab membaca Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Nur Aqila Aqila
Date Deposited: 27 Feb 2024 03:08
Last Modified: 27 Feb 2024 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35725

Actions (login required)

View Item
View Item