Mekanisasi Pertanian Dan Pengaruhnya Terhadap Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Di Gampong Manyang Cut Kecamatan Meureudu

Zisa Mufira, 190501055 (2024) Mekanisasi Pertanian Dan Pengaruhnya Terhadap Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Di Gampong Manyang Cut Kecamatan Meureudu. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Mekanisasi Pertanian Dan Pengaruhnya Terhadap Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Di Gampong Manyang Cut Kecamatan Meureudu] Text (Mekanisasi Pertanian Dan Pengaruhnya Terhadap Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Di Gampong Manyang Cut Kecamatan Meureudu)
Zisa Mufira, 190501055, FAH, SKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Mekanisasi Pertanian dan Pengaruhnya Terhadap Perubahan Sosial Budaya Masyarakat di Gampong Manyang Cut Kecamatan Meureudu”. Modernisasi pertanian memang memperlihatkan dampak positif dalam masyarakat, akan tetapi dampak negatif juga sulit dihindari. Disebabkan adanya teknologi pertanian itulah, sehingga tatanan sosial dalam kemasyarakatan pun ikut berubah. Dalam penelitian ini penulis mengutarakan tiga rumusan masalah yaitu,(1) bagaimana proses masuknya teknologi pertanian di Gampong Manyang Cut; (2) Apa dampak dari mekanisasi pertanian terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat Gampong Manyang Cut; (3) bagaimana masyarakat Manyang Cut merespon dampak dari mekanisasi pertanian di Gampong Manyang Cut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dengan hadirnya teknologi pertanian dapat mengubah aktivitas sosial petani. Gampong Manyang Cut yang berada tidak jauh dari pusat kota mengakibatkan segala proses era modern cepat masuk dilingkungan tersebut. Adanya mekanisasi ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat dan petani. Proses awal masuknya mekanisasi di bidang pertanian tidak serta merta langsung diterima oleh masyarakat. Mekanisasi di bidang pertanian ini telah berdampak terhadap petani, kehidupan sosial dan tentunya terhadap masyarakat gampong Manyang Cut itu sendiri. Dampak akan masuknya mesin-mesin teknologi di bidang pertanian ini sangat mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat baik itu dari pekerjaan, ekonomi, sosial dan lain sebagainya telah terjadi di daerah-daerah perkampungan. Dampak yang terjadi sekarang ini tidak menutup kemungkinan banyaknya para petani dan masyarakat pada umumnya belum bisa mencukupi kehidupan sehari-harinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Zisa Mufira
Date Deposited: 27 Feb 2024 03:26
Last Modified: 27 Feb 2024 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35726

Actions (login required)

View Item
View Item