Perempuan Pemulung Sampah dan Kehidupan Sosial Keluarga (Studi Kasus di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gampong Jawa Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh

Rosdianti, 140305095 (2018) Perempuan Pemulung Sampah dan Kehidupan Sosial Keluarga (Studi Kasus di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gampong Jawa Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perempuan Pemulung Sampah dan Kehidupan Sosial Keluarga] Text (Perempuan Pemulung Sampah dan Kehidupan Sosial Keluarga)
Rosdianti, 140305095, FUF, SA, 082214340667.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pemulung yang terlihat dari karakteristik dan pekerjaanya yang rendah dan diperkirakan dengan pendapatan yang sangat kecil dengan kahidupannya yang serba keterbatasan, namun mereka masih mampu bertahan hidup dan dengan anak-anaknya ada yang tetap bersekolah dan melanjutkan pendidikan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang melatar belakangi perempuan menjadi pemulung sampah, mendeskripsikan kehidupan sosial keluarga. Untuk mengetahui para perempuan pemulung memandang lembaga sosial agama dan pemerintah dalam memperjuangkan hak dan nasib mereka. Penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dengan cara reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini adalah faktor yang membuat mereka menjadi pemulung diantaranya rendahnya tingkat pendidikan yang membuat mereka terpaksa menjadi seorang pemulung. Faktor ekonomi juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi masyarakat berprofesi sebagai pemulung, sehingga tingkat ekonomi mereka lemah dan menyebabkan masyarakat mencari pekerjaan sehingga mereka mampu untuk memenuhi kebutuhan dan kehidupan mereka dan salah satu pekerjaan yang dapat mereka lakukan adalah menjadi pemulung, hal itu jugadidukung oleh adanya TPA (tempat pembuangan akhir) yang dekat dengan wilayah mereka. Ada pula Faktor pergaulan yang menjadi faktor penyebab masyarakat menjadi pemulung, banyak yang berprofesi sebagai pemulung berawal dari pergaulan sehingga membuat mereka ikut menjadi pemulung dan meninggalkan pendidikan mereka (tidak bersekolah). Latar belakang kehidupan sosial pemulung adalah masyarakat yang berprofesi sebagai pemulung masyarakat yang kondisi ekonominya lemah sehingga membuat mereka menjadi seorang pemulung.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Sehat Ihsan Shadiqin, M.Ag 2. Furqan, Lc., MA
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Pemulung Sampah, Kehidupan Sosial
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Rosdianti Yanti
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:21
Last Modified: 28 Feb 2024 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35740

Actions (login required)

View Item
View Item