Pengaruh Pengelolaan Technological Pedagogic Content Knowledge (Tpack) Guru Terhadap Literasi Digital Peserta Didik Di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh

Herlisa Ariani Sukma, 190206033 (2024) Pengaruh Pengelolaan Technological Pedagogic Content Knowledge (Tpack) Guru Terhadap Literasi Digital Peserta Didik Di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Pengelolaan Technological Pedagogic Content Knowledge (Tpack) Guru Terhadap Literasi Digital Peserta Didik Di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh] Text (Pengaruh Pengelolaan Technological Pedagogic Content Knowledge (Tpack) Guru Terhadap Literasi Digital Peserta Didik Di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh)
Herlisa Ariani Sukma, 190206033, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Maraknya penggunaan teknologi saat ini dibutuhkannya kerangka kerja yang bersifat edukatif dalam pendidikan yaitu pengelolaan Technological Pedagogic Content Knowledge (TPACK) oleh guru agar dapat menciptakan peserta didik yang berilmu, berakhlak dan berkemampuan positif dalam penggunaan teknologi untuk meningkatkan literasi digital peserta didik di SMKN 5 telkom banda aceh. Tujuan penelitian untuk menemukan tingkat persentase pengaruh literasi digital dan pengaruh TPACK guru terhadap literasi digital peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru dan peserta didik kelas XII terdiri dari 3 jurusan yaitu Teknik Jaringan Akses (TJA), Multimedia (MM) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang disetiap jurusannya mempunyai 3 kelas yakni XII TJA , XII MM, dan XII RPL.Dengan teknik pengambilan sampel Stratified Sampling. Dengan sampel 54 guru dan 54 peserta didik. Taknik analisi data menggunakan Teknik analisis data menggunakan tingkat persentase variabel dan uji hipotesis regresi linier sederhana sedangkan penghitungannya menggunakan aplikasi analisis data SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan tingkat persentase TPACK guru >90% dengan nilai interval sangat tinggi dan tingkat persentase literasi digital >80% dengan nilai interval yang tinggi. Pada hasil penelitian didapatkan nilai Rsquare senilai 0,205 yang diartikan bahwa pengaruh pengelolaan TPACK guru (X) terhadap literasi digital peserta didik sebesar 20,5 %, juga terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengelolaan Technological Pedagogic Content Knowledge (TPACK) guru terhadap literasi digital peserta didik di SMKN 5 telkom banda aceh dengan uji hipotesis dari nilai thitung (3,657) > ttabel (2,007) dapat disimpulkan bahwa pengelolaan TPACK memiliki pengaruh positif terhadap literasi digital peserta didik SMKN 5 telkom banda aceh. Diperoleh nilai konstanta a = angka konstan dari unstandardized coefficients nilainya 35,993 yang merupakan angka konstanta yang mempunyai arti bahwa jika tidak ada pengelolaan TPACK Guru (X) maka nilai konsisten Literasi Digital Peserta Didik (Y) sebesar 35,993. b = angka koefisien regresi dengan nilai 0,503 yang merupakan setiap penambahan 1% pengelolaan TPACK guru (X), maka Literasi Digital peserta didik (Y) akan meningkat sebesar 0,503.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Herlisa Ariani Sukma Lisa
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:47
Last Modified: 28 Feb 2024 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35744

Actions (login required)

View Item
View Item