Penggunaan Media Flipchart Pada Materi Jamur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 6 Banda Aceh

Wenny Rosalina, 160207087 (2024) Penggunaan Media Flipchart Pada Materi Jamur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 6 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Media Flipchart Pada Materi Jamur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 6 Banda Aceh] Text (Penggunaan Media Flipchart Pada Materi Jamur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 6 Banda Aceh)
Desi Rahmaniar, 190303089, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media yang sesuia dengan materi pembelajaran di SMAN 6 Banda Aceh, sehingga kurangnya minat dan hasil belajar siswa, maka perlu digunakan media pembelajaran yang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat dan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran flipchart pada materi jamur di SMAN 6 Banda Aceh. Rancangan penelitian ini adalah pre-eksprerimen dengan menggunakan one group pre test dan post test. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas MIA 1 sebanyak 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian angket dan soal pre test dan post test. Hasil pemelitian menunjukkan minat belajar siswa tergolong kategori baik yaitu 78. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata pre test yaitu 32 sedangkan nilai rata-rata post test yaitu 82. Berdasarkan uji t di peroleh thitung dan ttabel dengan derajat bebas (db) yaitu 27 pada taraf signifikan α = 0,5 thitung> ttabel (21,38 > 1,703) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flipchart dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi jamur.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Flipchart, Minat, Hasil Belajar, Materi Jamur.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Wenny Rosalina
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:05
Last Modified: 28 Feb 2024 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35749

Actions (login required)

View Item
View Item