Pengembangan Buletin Dasar-Dasar Sains Islam Pada Prodi Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar Raniry Banda Aceh

Nava Hiqmatunnisaq, 190208001 (2024) Pengembangan Buletin Dasar-Dasar Sains Islam Pada Prodi Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Buletin Dasar-Dasar Sains Islam Pada Prodi Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar Raniry Banda Aceh] Text (Pengembangan Buletin Dasar-Dasar Sains Islam Pada Prodi Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar Raniry Banda Aceh)
Nava Hiqmatunnisaq, 190208001, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada program studi pendidikan kimia UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang dilatarbelakangi oleh belum adanya pengembangan media pembelajaran buletin pada materi konsep dasar sains. Pengembangan buletin ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang terkini dan relevan mengenai keterkaitan antara sains dan nilai nilai islam. Buletin ini dirancang untuk dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa dan wawasan luas tentang konsep dasar sains berbasis Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas pengembangan buletin dasar dasar sains islam pada prodi pendidikan kimia UIN Ar- Raniry, serta mengetahui respon mahasiswa terhadap pengembangan buletin dasar dasar sains islam. Rancangan penelitian ini adalah menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Instrumen pengumpulan data digunakan pada penelitian ini terdiri atas lembar analisis kebutuhan, lembar validasi dan lembar angket respon mahasiswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari analisis kebutuhan, Validasi dan angket respon. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan persentase. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dapat disimpulkan bahwasanya ketertarikan dan kebutuhan pada pengembangan buletin mendapatkan respon yang sangat baik. Hasil uji validasi pada ketiga validator diperoleh persentase skor rata rata 85,8% dengan kualifikasi “ Sangat Valid”. Sedangkan pada hasil uji coba pada mahasiswa pendidikan kimia melalui penyebaran angket respon diperoleh persentase 89,35% dengan kualifikasi “ Sangat Baik”. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa hasil buletin dasar dasar sains islam yang dikembangkan pada Program Studi Pendidikan Kimia sangat valid dan mendapatkan respon sangat baik dari mahasiswa Pendidikan Kimia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nava Hiqmatunnisaq
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:02
Last Modified: 28 Feb 2024 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35751

Actions (login required)

View Item
View Item