Pengembangan Media Laboratorium Virtual pada Materi Teknologi Membran di Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar- Raniry Banda Aceh

Nizawaton Nupus, 190208014 (2024) Pengembangan Media Laboratorium Virtual pada Materi Teknologi Membran di Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar- Raniry Banda Aceh. Masters thesis, Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of R&D, model ADDIE, Laboratorium Virtual, Teknologi   Membran] Text (R&D, model ADDIE, Laboratorium Virtual, Teknologi Membran)
Nizawaton Nupus, 190208014, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan media laboratorium virtual yang dilatarbelakangi dari terbatasnya alat dan bahan praktikum pada materi teknologi membran. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dosen, terdapat kendala pada mata kuliah praktikum Kimia Analitik II yaitu keterbatasan alat dan bahan praktikum materi teknologi membran. Untuk menyikapi masalah tersebut, dosen setuju untuk dikembangkan media laboratorium virtual untuk menunjang praktikum teknologi membran. Sehingga laboratorium virtual dapat dijadikan sebagai solusi untuk permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat validitas dari media laboratorium virtual dan respon mahasiswa prodi Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Subjek penelitian terdiri dari 23 mahasiswa prodi Pendidikan Kimia angkatan 2021 yang telah mengikuti perkuliahan praktikum teknologi membran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan angket. Instrumen penelitian menggunakan angket analisis kebutuhan, lembar validasi dan angket respon mahasiswa. Data yang diperoleh dari seluruh instrumen ini ditampilkan dalam bentuk persentase. Hasil validasi media laboratorium virtual yang didapatkan adalah 90,4% dengan kategori “sangat valid”. Hasil respon mahasiswa yang didapatkan adalah 98,5% dengan kategori “sangat tertarik”. Berdasarkan hasil validasi ahli dan respon mahasiswa yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengembangan media laboratorium virtual sangat valid digunakan dalam teknologi membran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nizawaton Nupus Niza
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:00
Last Modified: 28 Feb 2024 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35752

Actions (login required)

View Item
View Item