Antusiasme Followers Instagram Komunitas Raisul Fata Terhadap Pesan-Pesan Dakwah

M. Widiyan, 160401020 (2024) Antusiasme Followers Instagram Komunitas Raisul Fata Terhadap Pesan-Pesan Dakwah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Antusiasme Followers Instagram Komunitas Raisul Fata Terhadap Pesan-Pesan Dakwah] Text (Antusiasme Followers Instagram Komunitas Raisul Fata Terhadap Pesan-Pesan Dakwah)
M. Widiyan , 160401020, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Dakwah berkaitan dengan cara berkomunikasi dengan sesama manusia untuk menyiarkan pesan Islam, dengan perkembangan zaman teknologi yang berkembang membawa umat Islam saat ini harus bijak memilih efek baik dan buruknya serta harus bisa menyesuaikan dan menggunakankan dampak positif dan menghindari efek negatif yang terjadi di dalam perkembangan zaman teknologi saat ini. salah satu teknologi dalam komunikasi seperti instagram sekarang digunakan bukan hanya sebagai media hiburan atau untuk mengekpresikan keadaan diri, namun digunakan juga untuk melakukan aktivitas dakwah. Permasalahan dakwah saat ini, dalam penyajian komponen dakwah tidak bersifat membosankan, pwnyajian dakwah harus diatur dengan kreatif dan memancing bagi kalangan masyarakat karena pesan-pesan dakwah agama menjadi mudah dipahami dan diingat. Berdasarkan latar belakang diatas, dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui antusias followers Raisul Fata dalam berdakwah dan untuk mengetahui isi pesan- pesan postingan dakwah Raisul Fata dalam meningkatkan kesadaran keagamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif. Penelitian ini memperoleh data secara langsung dari narasumber melalui observasi, dokumentasi dan wawancara yang disusun sinkron dengan tujuan penelitian. Penelitian ini memakai analisis deskriptif. Adapun yang menjadi objek penelitian ini yaitu antusias followers komunitas Raisul Fata dan pesan dakwah akun Instagram @raisulfata. Hasil penelitian antusias followers instagram @raisulfata dapat membangun ukhwah Islamiyah dengan konten kekinian dan kreatif yang tidak monoton sehingga anak muda senang dan antusias untuk mengikuti kajian yang diadakan, antusias audiens komunitas Raisul Fata membuktikan bahwa muslim bisa mengikuti keadaan dengan perkembangan peradaban yang ada selama tidak bertentangan menggunakan aqidah. Pesan dakwah dalam meningkatkan kesadaran keagamaan pada akun instagram @raisulfata dapat memahami ilmu agama dengan lingkungan yang baik dan menerapkan ilmu dari kajian dalam kehidupan sehari-hari mensyiarkan nilai-nilai Islam dengan kreatif, sadar ilmu tauhid yang benar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Antusias, Dakwah, Komunitas, Instagram
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: M. Widiyan Widiyan
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:07
Last Modified: 28 Feb 2024 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35758

Actions (login required)

View Item
View Item