Agama Dan Etos Kerja Dalam Masyarakat Di Desa Lawe Buluh Didi, Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan

Nuri Maulida, 190301043 (2024) Agama Dan Etos Kerja Dalam Masyarakat Di Desa Lawe Buluh Didi, Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Agama Dan Etos Kerja Dalam Masyarakat Di Desa Lawe Buluh Didi, Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan] Text (Agama Dan Etos Kerja Dalam Masyarakat Di Desa Lawe Buluh Didi, Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan)
Nuri Maulida, 190301043, FUF, AFI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman ekonomi bergerak semakin maju telah menempatkan uang sebagai faktor penentu kehidupan sehari-hari karena uang selain menjadi alat telah berubah menjadi tujuan. Disinilah persoalan etos kerja yang dihubungkan dengan agama menjadi penting peranannya, supaya tidak menjadikan uang sebagai tujuan utama dalam bekerja. Penelitian ini mengkaji bagaimana etos kerja masyarakat di Desa Lawe Buluh Didi, bagaimana hubungan agama dan etos kerja masyarakat di Desa Lawe Buluh Didi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etos kerja masyarakat di Desa Lawe Buluh Didi, untuk mengetahui hubungan agama dan etos kerja masyarakat di Desa Lawe Buluh Didi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dalam penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Desa Lawe Buluh Didi memiliki etos kerja yang sangat tinggi dalam menjalani pekerjaan apa saja yang masyarakat jalani baik dalam bertani, berdagang, berkebun dan buruh harian lepas, masyarakat menekuni segala aktifitas kerjanya guna memenuhi kebutuhan hidupnya, semangat kerja yang tinggi masyarakat Desa Lawe Buluh Didi dapat dilihat dari kesibukannya yang selalu melibatkan dirinya dalam semua bidang pekerjaannya, masyarakat bekerja dari pagi sampai sore demi untuk kelangsungan hidupnya dan keluarganya. Hubungan agama dengan etos kerja masyarakat Desa Lawe Buluh Didi belum berjalan dengan baik, hal tersebut dapat dilihat dari masyarakat yang memanfaatkan waktunya secara maksimal dalam bekerja namun belum terdapat keseimbangan antara pekerjaan dengan ibadahnya. Masyarakat masih melalaikan ibadahnya, karena kesibukan masyarakat yang bekerja setiap hari menyebabkan sebagian
masyarakat belum bisa menyeimbangkan antara pekerjaannya dengan ibadahnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Filsafat Agama
Depositing User: Nuri Maulida
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:22
Last Modified: 28 Feb 2024 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35762

Actions (login required)

View Item
View Item