Strategi Internalisasi Ketauhidan Santri di Dayah Modern Darul ‘Ulum Banda Aceh

Miftahul Rizki, 190201060 (2023) Strategi Internalisasi Ketauhidan Santri di Dayah Modern Darul ‘Ulum Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Internalisasi Ketauhidan Santri di Dayah Modern Darul ‘Ulum Banda Aceh] Text (Strategi Internalisasi Ketauhidan Santri di Dayah Modern Darul ‘Ulum Banda Aceh)
STRATEGI INTERNALISASI KETAUHIDAN SANTRI DI DAYAH MODERN DARUL 'ULUM BANDA ACEH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang aktual dibahas akhir-akhir ini adalah masalah ketauhidan, hal ini menyangkut tentang masalah kepercayaan seseorang dalam keyakinan kepada Tuhan. Ilmu tentang ketauhidan sudah diajarkan sejak kecil, baik dari orang tua atau guru pendidikan agama di suatu lembaga pendidikan. Salah satu lembaga pendidikan Islam yang ada di daerah Banda Aceh adalah Dayah Modern Darul ‘Ulum Banda Aceh. Adapun yang menjadi titik acuan pada permasalahan dikarnakan banyaknya perbedaan mengenai ketauhidan yang desebabkan beberapa faktor yaitu faktor internal yang berasal dari dalam diri santri, sedangkan faktor eksternal berasal dari lingkungan tempat tinggal dan background pendidikan yang menyebabkan perbedaan pada dasar pemahaman ketauhidan santri dalam kehidupan di dayah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat strategi yang digunakan guru dalam menginternalisasikan ketauhidan santri dan faktor pendukung dan penghambat guru. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam menginternalisasikan ketauhidan santri, yaitu: 1) strategi menghafal i’tiqad 50, 2) strategi dengan cara memberikan dalil-dalil kauniyah atau dalil tentang peristiwa alam, 3) Startegi menyampaikan dan menerangkan pelajaran tauhid kepada santri dan santri menelaah dan berfikir. Mengenai faktor pendukung yaitu: 1) Adanya bahan ajar dan kitab yang lengkap, 2) Adanya pelajaran tambahan atau kuliah tambahan, 3) Adanya korelasi pendidikan. Faktor penghambat yaitu: 1) Kitab klasik dan tidak memiliki baris, 2) Tidak ada sampel dalam menjelaskan ketauhidan, 3) Daya pemahaman santri yang berbeda-beda. Simpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwasanya santri Dayah Modern Darul ‘Ulum menjadi faham, mengerti tentang ketauhidan yang benar dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miftahul Rizki Rizki
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:22
Last Modified: 28 Feb 2024 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35765

Actions (login required)

View Item
View Item