Identifikasi Kesediaan Partisipasi Masyarakat Aceh Selatan Dalam Pengelolaan Air Limbah

Musfira, 150702039 (2022) Identifikasi Kesediaan Partisipasi Masyarakat Aceh Selatan Dalam Pengelolaan Air Limbah. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Identifikasi Kesediaan Partisipasi Masyarakat Aceh Selatan Dalam Pengelolaan Air Limbah] Text (Identifikasi Kesediaan Partisipasi Masyarakat Aceh Selatan Dalam Pengelolaan Air Limbah)
Musfira_150702039_FST_TL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Air limbah domestik merupakan salah satu jenis air limbah yang banyak dihasilkan dari kegiatan manusia. Pengelolaan air limbah domestik harus dilakukan secara berkesinambungan agar tidak bermasalah pada lingkungan dan kesehatan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kesediaan berpartisipasi warga dalam pengelolaan limbah domestik dan untuk mengetahui rekomendasi strategi bagi pemerintah terkait limbah cair domestik di Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang menggunakan kuesioner. Responden dalam penelitian berjumlah 40 orang yang tersebar pada dua kecamatan di Aceh Selatan yakni di Tapaktuan dan Labuhanhaji. Responden ini terbagi pada dua golongan yaitu pemilik usaha (penatu dan pencucian kendaraan) dan warga penghasil air limbah. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu 47,5% responden menyatakan kondisi pencemaran air limbah domestik masih tergolong dalam kategori rendah. Sebanyak 35% responden menyatakan sebaliknya. Terkait kesediaan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan air limbah di Aceh Selatan 72,5% responden bersedia dan sisanya sebanyak 27,5% responden sangat bersedia. Kesimpulannya yaitu masyarakat Aceh Selatan mendukung pengelolaan air limbah domestik di masa depan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Musfira Fira
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:34
Last Modified: 28 Feb 2024 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35770

Actions (login required)

View Item
View Item