Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pelajaran Fiqih Di MTsN 2 Aceh Besar Tungkop

Machsalmina, 180201049 (2024) Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pelajaran Fiqih Di MTsN 2 Aceh Besar Tungkop. Other thesis, UIN-Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of peran guru meningkatkan minat belajar dalam pelajaran fiqih] Text (peran guru meningkatkan minat belajar dalam pelajaran fiqih)
repository.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Guru adalah panutan bagi siswa-siswanya , guru memiliki peranan yang sangat penting dan srategis dalam membimbing, membina serta mengasuh peserta didik kearah berfikir kritis. Dalam Islam, guru merupakan figur yang sangat penting begitu pentingnya seorang pendidik sehingga menepatkan kedudukan pendidik setingkat dibawah kedudukan nabi dan rasul. Sekolah merupakan hal yang menyenangkan, akan tetapi mereka akan bosan dalam proses pembelajaran, sama dengan halnya MTsN 2 Aceh Besar, siswa akan merasa jenuh dalam belajar karena mereka harus berfikir keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Oleh sebab itu peneliti tertarik ingin membahas bagaimana peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa, dengan cara peneliti turun langsung kelapangan dan mengamati cara guru dalam meningkatkan minat belajar, adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan minat belajar di MTsN 2 Aceh Besar. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat belajar fiqih di MTsN 2 Aceh Besar Tungkop. Serta untuk mengetahui penyebab tidak fokusnya siswa dalam belajar di MTsN 2 Aceh Besar. Adapun metode yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif dengan cara mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, hasil penelitian ini ditemukan bahwa dalam meningkatkan minat belajar siswa, guru sudah sangat berperan penting, ini terbukti dari wawancara dengan guru, dan juga dari hasil angket siswa yang menyatakan bahwa dalam meningkatkan minat belajar siswa, guru sudah sangat berperan, sehingga didapatkan skor nilai angket 10 persen dan ini termasuk katagori sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Machsalmina Machsalmina
Date Deposited: 29 Feb 2024 02:16
Last Modified: 29 Feb 2024 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35808

Actions (login required)

View Item
View Item