Efektivitas Metode Pembelajaran Resitasi Menggunakan Microsoft Office Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMPN 1 Blangpidie

Fitra Nuzula Akmal, 160212122 (2024) Efektivitas Metode Pembelajaran Resitasi Menggunakan Microsoft Office Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMPN 1 Blangpidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Metode Pembelajaran Resitasi Menggunakan Microsoft Office Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMPN 1 Blangpidie] Text (Efektivitas Metode Pembelajaran Resitasi Menggunakan Microsoft Office Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMPN 1 Blangpidie)
Fitra Nuzula Akmal, 160212122, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, guru berperan penting dalam peningkatan mutu pendidikan. Untuk menghasilkan pendidikan yang efektif dan efisien, diperlukan metode mengajar yang sesuai. Penerapan suatu metode dalam pengajaran harus ditinjau dari segi keefektifan, keefesienan dan kecocokannya dengan karakteristik materi pelajaran serta keadaan peserta didik yang meliputi kemampuan, kecepatan belajar, minat, waktu yang dimiliki dan keadaan sosial ekonomi peserta didik. Selain itu, pembelajaran dengan metode mengajar yang sesuai dengan materi yang diajarkan dipercaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Metode resitasi atau tugas adalah metode penyajian materi dimana guru memberikan tugas-tugas tertentu kepada siswa untuk menyelesaikan tugas belajar. Pendapat yang hampir sama yang mengemukakan bahwa metode atau tugas resitasi adalah penyajian materi pembelajaran dimana guru memberikan tugas-tugas tertentu kepada siswa agar mereka mampu melakukan dan melaporkan kegiatan pembelajaran. sebagai hasil dari tugas yang diselesaikan. Penelitian ini merupakan penelitian Mix Method yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu observasi, kuesioner, wawancara. Data penelitian diperoleh selama pelaksanaan penelitian dilakukan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK. Hal ini dapat dikatakan berhasil atau efektif karena siswa lebih aktif belajar dan hasil belajar siswa selama diterapkannya metode ini siswa menjadi lebih semangat belajar dengan persentase hasil 87,2% efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Evektivitas, Metode Pembelajaran, Metode Resitasi, Microsoft Office, Hasil Belajar
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Fitra Nuzula Akmal Fitra Nuzula Akmal
Date Deposited: 29 Feb 2024 02:29
Last Modified: 29 Feb 2024 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35814

Actions (login required)

View Item
View Item