Implementasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan Di SD Negeri 11 Jaya Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya

Siska Nadilla, 180802024 (2024) Implementasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan Di SD Negeri 11 Jaya Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia] Text (Implementasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia)
Siska Nadilla, 180802024, FISIP, IAN, 082166913377.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kualifikasi akademik yang dimiliki oleh tenaga pendidik pada Sekolah Dasar Negeri 11 Jaya, bukan satu-satunya aspek yang menunjang kualitas pendidikan, tetapi juga dipengaruhi oleh status pendidik sebagai guru bersertifikasi. Pendidik sebagai guru besertifikasi lebih berkualitas karena didukung oleh kemampuan yang dimiliki. Untuk itu, Kegiatan yang diterapkan pada sekolah yang dilakukan setiap harinya guna membentuk karakter peserta didik menjadi lebih baik. Akan tetapi, masih banyak terdapat peserta didik yang karakternya kurang baik dengan ditanda kurang disiplinnya, tanggung jawab, cara berpakaian serta sikap kurang sopan kepada pendidik. Adapun tujuan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan standar kualifikasi pendidikan pada SDN 11 Jaya Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya, (2) Untuk mengetahui dan menganalisis faktor penghambat dalam peningkatkan standar kualifikasi pendidikan di SDN 11 Jaya Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini menggunakan teori George C. Edwards dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Upaya peneliti untuk menganalisa data dilakukan dengan teknik interaktif dari pengumpulan data hingga selesai pengumpulan data secara terus menerus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kualitas peningkatan standar pendidik dan tenaga kependidikan di SD Negeri 11 Jaya tersebut masih terlihat belummaksimal, karena banyak tenaga pendidik yang belum bisa memberikan pembelajaran diluar mata pelajaran misalnya pembelajaran pengembangan kurikulum. (2) Adapun faktor penghambat dalam meningkatkan standar kualifikasi pendididikan harus mengetahui faktor-faktorlingkugan yang mendukung seperti guru yang profesional, lingkungan sekolah yang bersih, aman dan nyaman, media pembelajaran dan ruang perpustakaan yang dilengkapi dengan buku-buku pelajaran serta hubungan komunikasi yang baik antara guru dan siswa dan juga siswa dengan siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 307 Komunitas
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Siska Nadilla
Date Deposited: 29 Feb 2024 02:36
Last Modified: 29 Feb 2024 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35815

Actions (login required)

View Item
View Item