Perancangan UI/UX Game Asmaul Husna Menggunakan Metode Design Thinking Di TPA Darul Jannah

Tiara Rahmadhani Nas, 190212024 (2024) Perancangan UI/UX Game Asmaul Husna Menggunakan Metode Design Thinking Di TPA Darul Jannah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Perancangan UI/UX Game Asmaul Husna Menggunakan Metode Design Thinking Di TPA Darul Jannah] Text (Perancangan UI/UX Game Asmaul Husna Menggunakan Metode Design Thinking Di TPA Darul Jannah)
Tiara Rahmadhani Nas, 190212024, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan umum yang dihadapi dalam mengajar dikelas yaitu kecenderungan penyampaian yang monoton, yang seringkali membuat anak-anak merasa bosan. Salah satunya dalam pengenalan Asmaul Husna saat ini masih didominasi oleh buku, yang memiliki beberapa kekurangan seperti fisik yang mudah rusak dan kurangnya interaktivitas, sehingga mudah menimbulkan kebosanan. Berdasarkan wawancara dengan salah satu ustadzah di TPA Darul Jannah ditemukan beberapa santri di TPA Darul Jannah mengalami kesulitan dalam menghafal arti dari Asmaul Husna. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan sebuah aplikasi pembelajaran yang memanfaatkan unsur multimedia. Penelitian ini yang menggunakan pendekatan mix method, hasil dari penelitian ini berupa prototype Game Asmaul Husna yang dirancang dengan figma menggunakan metode design thinking. Berdasarkan hasil uji coba menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dengan enam aspek usability, yaitu attractiveness (daya tarik) mendapatkan nilai sebesar 1,76 (good). Aspek perspicuity (kejelasan) mendapatkan nilai 2,08 (excellent). Aspek efficiency (efesiensi) mendapatkan nilai 1,53 (good). Aspek dependability (ketetapan) mendapatkan 1,29 (above average). Aspek stimulation (stimulasi) mendapatkan nilai 1,66 (good). Dan Aspek novelty (kebaruan) mendapatkan nilai 1,13 (good). Berdasarkan hasil UEQ dan komparasi skala penilaian brenchmark yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa perancangan UI/UX game Asmaul Husna mempunyai hasil yang baik dari sudut pandang pengguna atau user.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Tiara Rahmadhani Nas
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:01
Last Modified: 29 Feb 2024 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35820

Actions (login required)

View Item
View Item