Manajemen Komunikasi Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Banda Aceh Dalam Meminimalisir Perundungan Verbal Dan Nonverbal

Mulia Yuna Safani, 190401035 (2024) Manajemen Komunikasi Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Banda Aceh Dalam Meminimalisir Perundungan Verbal Dan Nonverbal. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Manajemen Komunikasi Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Banda Aceh Dalam Meminimalisir Perundungan Verbal Dan Nonverbal] Text (Manajemen Komunikasi Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Banda Aceh Dalam Meminimalisir Perundungan Verbal Dan Nonverbal)
Skripsi S1 Mulia Yuna Safani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas strategi manajemen komunikasi di lingkungan Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Banda Aceh sebagai upaya untuk meminimalisir perundungan. Tujuan di lakukan penelitian ini dikarenakan untuk mengetahui strategi pihak sekolah sekaligus melihat pengaruh manajemen komunikasi vertikal, horizontal dan juga diagonal terjalankan dengan baik atau tidak, serta mengetahui hambatan yang dialami pihak kesiswaan dan guru bimbingan konseling dalam menangani dan menyelesaikan kasus perundungan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah kesiswaan, guru bimbingan konseling dan siswa. tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pihak kesiswaan kurang baik dalam melaksanakan strategi atau langkah-langkah yang telah ditetapkan oleh sekolah dalam meminimalisir perundungan. Terdapat juga hambatan komunikasi antar kesiswaan dan guru bimbingan konseling sehingga terjadinya komunikasi yang kurang efektif. Adapun strategi yang ditelah diterapkan oleh sekolah dalam meminimalisir perundungan yaitu memberi edukasi anti-perundungan, mengawasi siswa dalam segala hal aktivitasnya, bekerjasama dengan guru bidang konseling guna menjadikan guru BK media komunikasi yg efektif dengan siswa, memastikan isu perundungan yang dilaporkan kemudian memanggil siswa yang menjadi pelaku serta korban perundungan untuk diberi bimbingan serta edukasi dan semangat agar akademik siswa tidak merosot turun, yang terakhir yaitu memanggil orang tua karena sesuai perjanjian dan kesepakatan di sekolah selalu melibatkan dan mengajak orang tua berkontribusi dalam pengembangan sifat dan pengembangan diri anak terlebih jika siswa yang melakukan tindakan perundungan korban perundungan agar orang tua juga dapat menasehati, membimbing dan juga menyemangati siswa.

Kata Kunci: Manajemen Komunikasi, Perundung Verbal dan Non Verbal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mulia Yuna Safani
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:01
Last Modified: 29 Feb 2024 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35821

Actions (login required)

View Item
View Item