Efektivitas Pemenuhan Hak Anak Menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak

Dewi Afrina, 180101073 (2023) Efektivitas Pemenuhan Hak Anak Menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Pemenuhan Hak Anak Menurut Undang-  Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak] Text (Efektivitas Pemenuhan Hak Anak Menurut Undang- Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak)
Dewi Afrina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam melakukan pemenuhan hak anak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai orang tua tidak melakukan pemenuhan hak-hak anaknya yang di termukan di Gampong Ladong Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah studi kasus (case approach) yang dilakukan di Gampong Ladong, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar. Kebaharuan dari penelitian ini adalah belum adanya penelitian tentang efektivitas pemenuhan hak anak menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Hasil dari penelitian ini orang tua mempunyai peran penting terhadap pemenuhan hak anak. Orang tua juga mempunyai kewajiban dan tanggung jawab dalam pemenuhan hak-hak anaknya. Peran orang tua dalam pemenuhan hak-hak anak terdiri dari : 1) memenuhi hak hidup bagi anak, dimana peran orang tua harus memenuhi hak seperti hak untuk mendapatkan identitas, hak untuk tinggal bersama orang tua, dan hak untuk mendapatkan kebutuhan dasar. 2) Pemenuhan hak tumbuh kembang anak, peran orang tua yang harus di penuhi untuk hak anak yaitu seperti pemenuhan hak pendidikan. 3) Pemenuhan hak partisipasi bagi anak, peran sebagai orang tua yaitu harus memberi kebebasan kepada anak untuk menentukan pilihannya. Substansi peran orang tua dalam pemenuhan hak anak menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak yaitu, orang tua harus memenuhi hak anak untuk mendapatkan pendidika, hak anak untuk tumbuh dan berkembang dengn baik, hak anak untuk berpartisipasi, hak anak atas perlindungan dari kekerasan, dan hak bebas dari diskriminasi. Dalam pemenuhan hak-hak anak orang tua dalam melakukan pemenuhan hak-hak anak di Gampong Ladong Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar belum efektif, karena melihat masih banyaknya anak di Gampong Ladong yang belum terpenuhi haknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat) > 2X4.37 Menyusui dan Mengasuh / Memelihara Anak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Dewi Afrina Dewi
Date Deposited: 29 Feb 2024 02:53
Last Modified: 29 Feb 2024 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35822

Actions (login required)

View Item
View Item