Perancangan Media Pembelajaran Materi Matriks Berbasis Animasi Interaktif Dengan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC)

Najimah, 190212002 (2024) Perancangan Media Pembelajaran Materi Matriks Berbasis Animasi Interaktif Dengan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Perancangan Media Pembelajaran Materi Matriks Berbasis Animasi Interaktif Dengan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC)] Text (Perancangan Media Pembelajaran Materi Matriks Berbasis Animasi Interaktif Dengan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC))
Najimah, 190212002, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membawa perubahan yang signifikan bagi manusia di berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Bidang ini membutuhkan media pembelajaran yang menarik dan interaktif untuk membantu siswa mempelajari pelajaran yang rumit, contohnya pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana merancang dan bagaimana kelayakan media pembelajaran materi matriks berbasis animasi interaktif dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dengan alat analisis data Microsoft Exel. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari tahapan berikut: konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Hasil pengujian alpha oleh ahli media dan ahli materi memperoleh persentase sebesar 89% dan 94% dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan Hasil pengujian beta oleh siswa memperoleh persentase sebesar 85% dengan kategori “setuju” dan sangat layak digunakan untuk membantuk proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian terbaru dan relevansi terdahulu, media pembelajaran materi matriks berbasis animasi interaktif terbukti sangat layak digunakan untuk membantu proses belajar mengajar pada pelajaran matematika di SMA N 1 Bakongan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Najimah Najimah
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:01
Last Modified: 29 Feb 2024 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35823

Actions (login required)

View Item
View Item