Upaya Ustadz dan Ustadzah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TPQ Tgk. Dianjong Desa Peulanggahan Banda Aceh

Siti Laila Afifah, 170201184 (2023) Upaya Ustadz dan Ustadzah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TPQ Tgk. Dianjong Desa Peulanggahan Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Upaya Ustadz dan Ustadzah dalam MeningkatkanKemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TPQ Tgk. Dianjong Desa PeulanggahanBanda Aceh] Text (Upaya Ustadz dan Ustadzah dalam MeningkatkanKemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TPQ Tgk. Dianjong Desa PeulanggahanBanda Aceh)
Full_Skripsi_Afifah[1] (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Membaca Al-Quran dengan baik dan benar merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam. Pembelajaran Al-Qur’an sebaiknya diberikan semenjak dini kepada anak-anak karena masa kanak-kanak merupakan masa yang amat kondusif untuk membiasakan perilaku keagamaan. Salah satu tempat yang biasanya dijadikan untuk tempat belajar Al-Quran adalah TPQ. Namun, pada kenyataannya masih ada beberapa santri di TPQ Tgk Dianjong yang belum lancar membaca Al-Qur‟an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya ustadz-ustadzah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri,dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat upaya ustadzah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, upaya ustadz/ustadzah dalam meningkatkan kemampuan baca Al - Quran TPQ Tgk Dianjong dengan menggunakan metode Iqra’ dan Qira’ati. Selain itu, santri dibimbing untuk membaca Al-Quran sesuai dengan hukum tajwid, serta menguji santri untuk membaca Al-Quran satu persatu dan mengingatkan santri mengulang kembali bacaan Al-Quran dirumah. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya sarana dan prasarana di TPQ Tgk Dianjong, faktor yang berasal dari diri sendiri seperti santri keluar masuk kelas untuk ijin kebelakang (toilet), sengaja boros waktu, lingkungan pertemanan yang tidak serius dan sering bercanda dalam belajar. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu: adanya minat belajar yang timbul dari dalam diri santri dan adanya dukungan dari kedua orang tua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Laila Afifah Siti
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:14
Last Modified: 29 Feb 2024 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35826

Actions (login required)

View Item
View Item