Kualitas Pengucapan Huruf Tenggorokan (Halqun) dengan Menggunakan Media Talking Pen Book pada Santri TPA Tgk Di Anjong Pelanggahan Banda Aceh

Mardiana, 170201185 (2023) Kualitas Pengucapan Huruf Tenggorokan (Halqun) dengan Menggunakan Media Talking Pen Book pada Santri TPA Tgk Di Anjong Pelanggahan Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kualitas Pengucapan Huruf Tenggorokan (Halqun) denganMenggunakan Media Talking Pen Book pada Santri TPA Tgk Di Anjong Pelanggahan Banda Aceh] Text (Kualitas Pengucapan Huruf Tenggorokan (Halqun) denganMenggunakan Media Talking Pen Book pada Santri TPA Tgk Di Anjong Pelanggahan Banda Aceh)
SKRIPSI MARDIANA EDIT (3) (1) (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Talking Pen Book merupakan salah satu media pembelajaran yang sering dipakai dalam dunia pendidikan sehingga seseorang dapat lebih memahami serta membantu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’annya. Pada TPA Tgk di Anjong masih ada santri yang belum fasih mengucapkan huruf tenggorokan. Akibatnya, ada santri yang belum lancar dalam ketepatan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pengucapan huruf tenggorokan dan hubungan penggunaan media Talking Pen Book terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an khususnya pada huruf tenggorokan di TPA Tgk Di Anjong Pelanggahan Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Angket diberikan kepada santri dengan mengambil sampel berjumlah 19 orang yang dipilih secara acak dengan menggunakan metode purposive sample, serta 2 orang ustadzah untuk diwawancara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yaitu memaparkan dan menganalisis data yang ada. Hasil penelitian ditemukan bahwa kualitas pengucapan huruf tenggorokan untuk pada santri di TPA Tgk Di Anjong Pelanggahan Banda Aceh sudah baik, hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes kelancaran membaca Al-Qur’an, ketepatan melafalkan huruf tenggorokan dan hubungan penggunaan media Talking Pen Book terhadap kemampuan membaca Al- Qur’an khususnya pada huruf tenggorokan juga sudah baik dilihat dari hasil pembagian angket bahwa media Talking Pen Book merupakan media yang praktis dalam membaca Al-Qur’an, lebih suka, mudah, lancar, rajin dan tidak membosankan dalam belajar membaca Al-Quran. Kemudian ada hubungan yang signifikan antara penggunaan media Talking Pen terhadap kualitas pengucapan huruf tenggorokan. Hal ini terlihat dari perolehan thitungsebesar 4,110 lebih besar dari harga kritis untuk “t” pada taraf signifikan 5% yaitu 2,110 oleh karena itu Ha diterima Ho di tolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mardiana Mar
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:14
Last Modified: 29 Feb 2024 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35829

Actions (login required)

View Item
View Item